Facetology Triple Care ExfoLiquid Toner

Facetology Triple Care ExfoLiquid adalah toner exfo yang diformulasikan dengan kombinasi antara exfoliating acids (AHA, PHA, BHA, LHA), Retinol dan Azeclair. Mengunakan teknologi SKINPERF LWG yang berfungsi sebagai exfoliant technology yang setiap 2% bekerja setara 8% AHA. Toner exfo ini bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati, mencerahkan dan meratakan warna kulit, mengurangi bekas jerawat, membantu memperbaiki tekstur kulit, serta mengatasi bruntusan, jerawat dan komedo

BPOM NA18211701955


Sumber: Shopee 




Penjelasan Ingredients Facetology Triple Care ExfoLiquid Toner 

Ingredients: Aqua, Glycerin, Lactic Acid, Ethoxydiglycol, Glycolic Acid, Peg-40 Hydrogenated Castor Oil, Salicylic Acid, CentelIla Asiatica Extract, Triethanolamine, Hydroxyethylcellulose, Sodium Magnesium Silicate, Citric Acid, Gluconolactone, Dimethicone, 1,2-hexane-diol, Butylene Glycol, Sodium Hydroxide, Potassium Azeloyl Diglycirate, Caprylyl Glycol, Polyglutamic Acid, Ethylhexyl Cocoate, Xanthan Gum, Dimethiconol, Sodium Acetylated Hyaluronate, Sodium Hyaluronate, Hydrolyzed Sodium Hyaluronate, Capryloyl Salicylic Acid, Hyaluroriic Acid, Hydrolyzed Hyaluronic Acid, Hydroxypropyltrimonium Hyaluronate, Peg-9 Diglycidyl Ether/sodium Hyaluronate Crosspolymer, Potassium Hyaluronate, Pentylene Glycol, Peg-60 Hydrogenated Castor Oil, Soybean ( Glycine Soja) Oil, Tocopherol, Ethylhexylglycerin, Glyceryl Caprylate, Lactobacillus/pear Juice Ferment Filtrate, Potassium Chloride, Sodium Hyaluronate Crosspoiymer, Retinol, 0-cymen-5-01, Dimethylmethoxy Chromarol, Phellodendror Arnurerise Bark Extract, Chlorphenesin, Salix Alba (Willow) Bark Extract, Phenoxyethanol, Rehmannia Chinensis Root Extract, Melia Azadirachta Leaf Extract, Scutellaria Baicalensis Root Extract, Houttuynia Cordata Extract, Glycine Soja (Soybean) Seed Extract




Key Ingredients 

Lactic Acid.

"Adik" nya glycolic acid. Lactic acid adalah jenis AHA paling strong nomer 2 setelah glycolic acid. Terbuat dari fermentasi susu, disebut juga asam susu. Memiliki properti exfolliator seperti halnya glycolic acid, namun setingkat lebih gentle karena ukuran molekul nya lebih besar.

Glycolic Acid,

Termasuk jenis AHA yang paling banyak diteliti dan paling banyak terbukti khasiatnya. Dan merupakan jenis AHA yang paling 'strong' di antara AHA yang lain.

Salicylic Acid.

Atau yang kita kenal sebagai BHA. Memiliki kemampuan eksfoliasi dengan cara menembus lapisan kulit dan membersihkan pori-pori dari dalam, serta bersifat keratolitik, yaitu mengikis sel kulit mati dan keratin yang menumpuk. Merupakan Gold Standart Ingredients untuk menangani masalah kulit seperti: blackhead, acne, inflamasi, dan wajah berminyak.

CentelIla Asiatica Extract.

Ekstrak cica. Mengandung senyawa aktif  madecassoside: membantu proses pemulihan luka dan sintetis kolagen. Asiaticoside: anti acne, antiinflamasi, antioksidan, anti mikroba, menstimulasi kolagen
Madecassic acid: menstimulasi NMF (natural moisturizing faktor) dan hyaluronic acid sehingga meningkatkan level kelembapan kulit

Citric Acid.

Asam organik yang termasuk golongan AHA. Dapat ditemukan pada buah Citrus (jeruk-jerukan). Juga memiliki kemampuan Exfoliasi pada konsentrasi tertentu. Tapi biasanya citric acid lebih sering digunakan untuk pH adjuster.

Gluconolactone.

a.k.a Gluconolactone. Termasuk golongan PHA (versi AHA yang jauh lebih gentle). Berfungsi membantu memperbaiki tekstur kulit, menghidrasi, dan memiliki properti antioksidan. Cukup gentle untuk daily use. Dan works well bila  dikombinasikan dengan Vit C, retinol, AHA, BHA, terutama dalam formula anti aging.

Potassium Azeloyl Diglycinate, 

A.k.a Azeclair ™ yaitu bentuk turunan azelaic acid. Lebih minim resiko efek samping, lebih gentle dan aman untuk kulit sensitif. Memiliki kemampuan:anti inflamasi, skin Lightening (dengan cara menghambat enzim tyrosinase), bersifat anti bakteri, memiliki aktivitas sebum normalizing yang signifikan (baik untuk kulit oily dan acne prone). Menghambat pembentukan keratin pada lapisan kulit terluar. dia juga bersifat humektan/moisturizing karena ada asam amino glycine-nya.

Polyglutamic Acid,

PGA. Berbahan dasar asam amino glutamic acid. Termasuk skin identical. Memiliki kemampuan mengikat air dan menahan kelembapan 3-5x lebih baik dari hyaluronic acid. Termasuk bahan yang baik untuk skin barrier.

Mengandung 9x HA

  • Sodium Acetylated Hyaluronate. Medium molecular weight.
  • Sodium Hyaluronate. High molecular weight
  • Hydrolyzed Sodium Hyaluronate. Low molecular weight.
  • Hyaluronic Acid. High molecular weight
  • Hydrolyzed Hyaluronic Acid. Low molecular weight
  • Hydroxypropyltrimonium Hyaluronate. Medium molecular weight
  • Peg-9 Diglycidyl Ether/sodium Hyaluronate Crosspolymer. High molecular weight
  • Potassium Hyaluronate. High molecular weight
  • Sodium Hyaluronate Crosspolymer. High molecular weight

Capryloyl Salicylic Acid,

Adalah LHA (lipohydroxy acid) yang merupakan turunan BHA. Sifat nya hampir sama dengan BHA itu sendiri. Bedanya LHA memiliki molekul yang lebih besar dan daya penetrasi yang lambat. Sehingga bisa dikatakan LHA adalah alternatif yang lebih gentle dan lembut khususnya untuk kulit yang intolerable terhadap BHA.

Soybean ( Glycine Soja) Oil.

Mengandung asam lemak essensial linoleic acid yang baik untuk skin barrier. Oleic acid yang menutrisi kulit dan baik untuk kulit kering. Dan linolenic acid yang bersifat anti inflamasi.

Tocopherol, 

Vit E. Antioksidan. Skin moisturizing. Membantu melindungi kulit dari efek buruk sinar UVB.
Lactobacillus/pear Juice Ferment Filtrate,
Mengandung natural AHA yang membantu meningkatkan regenerasi sel, sekaligus menghidrasi, menjaga acid mantle dan pH kulit

Retinol,

Ratu-nya anti aging. Adalah bentuk pure Vit A. Namun, rupanya dia sendiri belum 'aktif' sehingga masih perlu dikonversi dulu agar menjadi aktif dan bekerja untuk kulit.
Proses konversi-nya terjadi di dalam kulit.

0-cymen-5-ol.

a.k.a isopropyl methylphenol. Adalah anti mikroba yang menghambat perkembang biakan bakteri pada konsentrasi rendah. Termasuk bakteri p.acnes.

Dimethylmethoxy Chromarol,

Super potent Antioksidan. Lebih potensial daripada Vit E dan ferulic acid. Berfungsi mencegah kerusakan sel kulit, melindungi kulit dari UVA dari dalam dengan cara mencegah ROS (reactive oxygen species), dan anti aging. Dosis rekomendasi 0,01-0,05%.

Phellodendron Amurense Bark Extract,

Memiliki properti anti inflamasi, mild antioksidan, dan strong anti bakteri yang mampu mencegah perkembangbiakan bakteri penyebab jerawat.

Salix Alba (Willow) Bark Extract, 

Mengandung komponen aktif seperti salicin,  flavonoids, phenolic acid, yang memiliki kemampuan tonic, astringents, dan anti septic. Sehingga berperan merawat kulit berminyak dan berjerawat.

Rehmannia Chinensis Root Extract,

Mengandung Vitamin A, B, C, amino acids, dan rehmaglitin, yang memiliki properti strong anti-inflammatory dan anti fungal. Selain itu juga mengandung senyawa stachyose yang memiliki properti skin moisturizing.

Melia Azadirachta Leaf Extract,

Ekstrak daun neem. Memiliki properti Anti septik, anti inflamasi dan anti acne. Juga membantu proses pemulihan luka.

Scutellaria Baicalensis Root Extract,

Ekstrak akar Skullcap. Merupakan tanaman herbal tradisional china. Mengandung Flavonoids seperti baicalin, baicalein, dan wogonin. Yang merupakan antioksidan dam anti-inflamasi yang potensial.

Houttuynia Cordata Extract,

Ekstrak heart leaf. Mengandung senyawa antioksidan quercetin, quercitrin, hyperoside, dan rutin. Yang memiliki properti anti-inflammatory, antioxidant, dan antibacterial.
Houttuynia cordata extract juga mengandung polysaccharides yang baik untuk menghidrasi kulit dan menjaga keseimbangan skin Microbiome serta mendukung fungsi skin barrier.

Glycine Soja (Soybean) Seed Extract,

Ekstrak kacang kedelai. memiliki properti anti inflamasi, menstimulasi kolagen, antioksidan yang potensial untuk menetralisir radikal bebas, dan skin Lightening yang dapat mencegah pigmentasi akibat radiasi UV.




Bahan pelengkap 

  • Aqua,
  • Glycerin. Pelarut. Skin identical. Humektan
  • Ethoxydiglycol. Pelarut. Penetration enhancer.
  • Peg-40 Hydrogenated Castor Oil. Pengemulsi Triethanolamine. pH adjuster.  Bersifat basa
  • Hydroxyethylcellulose. Pengental alami. Penstabil emulsi.
  • Sodium Magnesium Silicate.Mineral thickener. Menambah Kekentalan formula, Penstabil emulsi. Memiliki properti absorbent
  • Dimethicone. Silicone. Emollient semi oclusive. Membantu mengunci kelembapan, serta memberi efek sensorial seperti kulit terasa lebih halus, Smooth, pori-pori nge-blur, dll.  
  • 1,2-hexane-diol, pelarur. Preservatives booster. Humektan
  • Butylene Glycol. Pelarut. Penetration enhancer. Humektan.
  • Sodium Hydroxide. pH adjuster. Bersifat basa
  • Caprylyl Glycol. Emollient. Preservatives booster
  • Ethylhexyl Cocoate. Emollient
  • Xanthan Gum. Pengental alami.
  • Dimethiconol. Silicone yang 'thick' dan memiliki ukuran molekul yang besar. Memberi efek sensorial seperti kulit terasa lebih smooth, silky, tapi non-greasy. Serta membentuk lapisan pengunci untuk mencegah TeWL, namun, kulit masih bisa 'bernafas'. 
  • Pentylene Glycol. Pelarut. Preservatives booster. Humektan
  • Peg-60 Hydrogenated Castor Oil. Pengemulsi. 
  • Ethylhexylglycerin. Preservatives booster. Humektan.
  • Glyceryl Caprylate. Pengemulsi.
  • Potassium Chloride. Ionic thickener. Meningkatkan viskositas Formula
  • Chlorphenesin. Pengawet.
  • Phenoxyethanol. Pengawet.





Kesimpulan 

✔️Facetology Triple Care ExfoLiquid mengandung -pokoknya- lebih dari 20 key Ingredients yang membantu mengangkat sel kulit mati, mencerahkan, meratakan tekstur, mengatasi komedo, dan membantu merawat kulit jerawat.

✔️Dengan kandungan AHA (Lactic Acid, Glycolic Acid, Citric Acid), PHA (Gluconolactone), BHA (salicylic acid), LHA (capryloyl salicylic acid) sebagai agen exfolliator nya. Dan kinerja nya juga didukung oleh Azeclair dan Retinol untuk menambah "power" exfo nya.

✔️Oiya, AHA nya, pakai teknologi SKINPERF LWG, dong.

Apa itu?

LWG singkatan dari Lamelar Water Gel (INCI: Aqua, glycolic acid, lactic acid, sodium magnesium Silicate, citric acid, xanthan gum).

Yakni teknologi yang membuat performa AHA lebih gentle di kulit, namun tetap efektif walau pada konsentrasi rendah. 

Sederhana nya, katakanlah AHA yang ke-gentle-an nya setara 2% tapi memiliki kekuatan yang setara 8%. Kurang lebih seperti itu... wallohualam 🙏.

✔️ Dilengkapi dengan kandungan 9x HA, PGA, plant extract, dan Emollien (seperti: oil, Silicone, ester). Dalam rangka melindungi kulit. You know lah, disini ada kombinasi exfo, Azeclair, dan retinol sekaligus, woii.

✔️Ada o-cymen-5-ol yang melindungi kulit dari infeksi bakteri. Dan mencegah perkembangbiakan bakteri penyebab jerawat.

✔️Kandungan nya sangat kompleks  dan ramaiii sekali, Gaes. Sampe hilang kata-kata lagi. Wkwkwkw.

✔️Untuk PM routine

✔️ Teksturnya agak kentel, Gaes.

✔️Gunakan 1-2x seminggu untuk pemula. Lalu bisa ditingkatkan menjadi 2-3x seminggu jika sudah terbiasa. Ada peringatan supaya di test patch dulu sebelum diaplikasikan ke seluruh wajah.

✔️No alcohol
✔️No fragrance
✔️No Paraben.

✔️Nggak oil free.
Mengandung protensi komedogenik:

  • Dimethicone (1)
  • Glycine Soja Oil (0-3)
  • Potassium chloride (5)
❗Nggak Fungal acne safe. Ada glycine soja oil, peg 40 dan peg 60 hydrogenated Castor oil. Khusus kulit yang ada Fungal acne nya.

✔️Produk lokal. Sudah BPOM. Halal

✔️Diproduksi oleh: PT. Alamanda Global Health, Industrial Millenium Estate. Jl. Millenium 19, Block 12, No. 27. Tangerang- Indonesia. Yakni Perusahaan yang juga memproduksi brand Dorskin.

Didistribusikan oleh:  PT. Alfa Trijaya Medika, Tangerang - Indonesia.

✔️Cek harga? 108k. 100ml. Beli di Official Store

Post a Comment

4 Comments

  1. Ka ini kan ada kandungan komedogeniknya bisa dibilang tinggi ya sampe nyentuh angka 5 potassium Chloride, berarti exfo ini bisa menyebabkan komedo ka?

    ReplyDelete
  2. Seperti nya nggak terlalu signifikan, karena sodium chloride nya jumlahnya sedikit...
    Aq malah pernah pakai cairan infus buat toner, yang mengandung sodium chloride 0,9%...tapi nggak nimbulin komedo, padahal jenis kulit ku komedogenic-prone... wallohualam 🙏

    ReplyDelete
  3. Ka boleh nanya nanyaa langsung ga sih? Ada cp ga ka biar lebih enak soalnya bingung banget buat skincare gini🥲

    ReplyDelete
  4. Boleh, lewat email aja, lewat contact di bawah ada contact 😉

    ReplyDelete

DESCLAIMER: Saya bukan dokter, tapi seorang Skincare-Anthusiast yang telah lama mempelajari tentang kandungan skincare melalui jurnal dan berbagai sumber lain nya. Saya juga pernah mempunyai masalah kulit seperti: acne prone, oily, komedo, PIH, PIE, dermatitis atopik, alergi, sensitized, etc. Kondisi kulit saat ini: combination-to-dry, pori-pori besar, prone to eczema.

Semoga Skincapedia bisa membantu teman-teman dalam mencari referensi skincare 🙏