Manfaat Sirih Cina untuk Mengobati Jerawat [DIY Masker]

Sirih Cina Mengobati jerawat/bisul karena memiliki aktivitas antibakteri spectrum luas. Kandungan tanin pada sirih cina memiliki sifat...

Peperomia Pellucida atau dikenal dengan sebutan Sirih Cina, Suruhan, atau ketumpang air adalah sejenis rerumputan yang keberadaanya merupakan pertanda bahwa si empunya rumah males mencabuti rumput, apalagi dimusim hujan begini hehe. Pasalnya rumput sirih cina/suruhan ini mudah sekali rimbun dan tumbuh disembarang tempat, terutama di pekarangan yang jarang di jamah/dibersihkan.


DIY masker sirih cina

Dahulu kala, ketika saya masih kecil, saya sering mendapati almarhum mbah buyut merebus rumput ini sampai akar-akarnya untuk dijadikan jamu.

Dan..Kabarnya sirih cina a.k.a peperomia ini bisa mengobati jerawat. Apa benar begitu?


Manfaat Sirih Cina/ Suruhan untuk Jerawat

Setelah saya melakukan penyelidikan kecil-kecilan mengenai sirih cina ini, ternyata doi memang memiliki efek farmakologi diantaranya yaitu analgesik, antiinflamasi, dan anti bakteri spektrum luas. (wikipedia)

Sirih cina juga telah lama dimanfaatkan masyarakat dalam pengobatan luka dengan cara daun dibersihkan, ditumbuk halus, lalu ditempel pada luka (Mappa, 2013).
Berdasarkan hasil skrining fitokimia yang telah dilakukan oleh Majumder dan Arun Kumar (2011) menunjukan adanya kandungan Saponin, flavonoid, karbohidrat, triterpenoid, alkaloid, dan steroida pada tanaman Peperomia Pellucida.

Dengan kandungan semacam itu, tak heran jika sirih cina dapat dimanfaatkan untuk kecantikan.  Diantaranya:

  1. Mengobati jerawat/bisul karena sirih cina memiliki aktivitas antibakteri spectrum luas.
  2. Kandungan tanin pada sirih cina memiliki sifat astringent, yaitu dapat meringkas pori dan mengontrol sebum. 
  3. Juga memiliki sifat analgesik dan antiinflamasi sehingga mampu mendinginkan dan mengurangi kulit kemerahan akibat jerawat, iritasi, atau gejala sunburn.
  4. Kandungan Flavonoid dan triterpenoid yang terdapat pada sirih cina memiliki aktifitas antioksidan yang dapat melindungi kulit dari sun damage dan free radikal.
  5. Saponin, selain memiliki aktivitas anti bakteri, juga bersifat membersihkan/ cleansing agen. Sehingga dapat mengangkat minyak dan kotoran pada wajah.
  6. Mempercepat pemulihan luka dengan cara mencegah/menghambat terjadinya infeksi bakteri.

Cara Membuat Masker Sirih Cina untuk Jerawat

Well..cara yang paling mudah tentu saja dengan membuat masker wajah dari sirih cina/suruhan. Caranya:
  1.  Ambil segenggam daun sirih cina bersihkan.
  2. Tumbuk sampai halus. Bisa diblender atau diulek tradisional.
  3. Bisa dicampur dengan tepung beras/susu bubuk/santan bubuk. (optional)
  4. Oleskan pada wajah secara merata
  5. Tunggu hingga kering. Bilas sampai bersih.


Sirih cina diuleg secara tradisional


Hemm...ternyata lumayan juga lo buat masker. Wajah jadi seger, fresh, enteng.
Saya sengaja mencampurnya dengan tepung beras agar mudah ditemplok ke muka, biar nggak jatuh-jatuh mulu gitu.

Nggak harus nunggu wajah jerawatan baru bikin masker ini. Nggak jerawatan pun, boleh banget dicoba. Apalagi kalo habis dari luar, panas-panas, di kulkas nggak ada timun, nggak ada semangka, nggak punya aloevera. Ya udah pergi aja ke pekarangan cari sirih cina, buat dibikin masker muka, biar wajah jadi dingin so cool nan mempesona....eaaaa😊 #maksa

Kalo dipake rutin kita bisa mendapat beberapa keuntungan sekaligus. Selain pekarangan rumah jadi bersih, wajah juga ikut bersih. xixixixi.

Well...Siapa yang tahu kalo suatu saat Peperomia Pellucida bisa naik pangkat menghiasi label skincare kita, Gaes? Seperti halnya Centella Asiatica.
Bayangkan ini..
Peperomia Shrinking Pores Toner,
Peperomia Soothing Essence,
atau Anti Acne Serum with 5% Peperomia Extract . 
Who knows?

Saya sudah mencobanya, kamu?


After DIY maskeran sirih cina, jadi seger...

3 comments

  1. Sis... Dah cobain masker habatassauda + madu blom? Cobain dehh... kulit jd Super aluss n lembut ... Klo saya sik dari kapsul habatassauda yg merek kurma ajwa ambil 2 kapsul.. tuang isi kapsul habatassauda kedalam mangkok kecil trus tambahin madu... Jd dehh.. pasti kaget liat hasillnya.. cobain sis....
  2. Serius?
    Habatusauda nya yang minyak apa bubuk ya?
    Soalnya di rumah adanya habatusauda yang minyak☺️
  3. Yg bubuk sis.... Jd masker tunggu 10 or 30 mnt bis bilas sekalian scrub... Nanti klo dah nyobain review or komen yaaa... Klo saya sik pakenya seminggu 2x....
DESCLAIMER: Saya bukan dokter, tapi seorang Skincare-Anthusiast yang telah lama mempelajari tentang kandungan skincare melalui jurnal dan berbagai sumber lain nya. Saya juga pernah mempunyai masalah kulit seperti: acne prone, oily, komedo, PIH, PIE, dermatitis atopik, alergi, sensitized, etc. Kondisi kulit saat ini: combination-to-dry, pori-pori besar, prone to eczema.

Semoga Skincapedia bisa membantu teman-teman dalam mencari referensi skincare 🙏
Developed by Jago Desain