[DIY Facial Mask] Kreasi Masker Susu Dancow

Susu bubuk dencow ini bisa dipake sendirian atau bisa pula kita campur dengan aneka bahan yang available di dapur/kulkas. Contohnya: bubuk kopi, tomat

Halo..Pemirsaah...Dear Pembaca, good morning selamat pagi. Saya mau tanya nih, apa sih masker wajah kesukaan kalian? Bagi dong pengalamanya...

Well, kali ini saya mau bagi-bagi resep masker wajah berbahan dasar susu dancow.

Masker susu dancow bisa di-combine dengan bahan apa saja😊

Yap..Udah lama saya nggak bagi-bagi resep  masker wajah. Sebenarnya blog ini dulu didirikan dengan tujuan bagi-bagi resep DIY facial mask gitu. Karna emang udah hobi saya dari dulu sih. Eh makin kesini jadi merembet kemana-mana. Gapapa lah ya, yang penting gak jauh-jauh amat dari tema skincare.

Bahan-bahan untuk membuat DIY facial mask ini sebenarnya banyak sekali. Dari dapur ada, dari kulkas ada, dari kebun, pekarangan rumah ada. Pokoknya alami semua. Saya bahkan udah membaginya beberapa. Mulai dari daun turi, daun jambu, hingga buah jambu biji nya,hehe agak-agak anti-mainstream emang. 

Saya pernah bagiin resep masker jambu biji ke grup fb. Sampe ada yang bilang gini: "Kayak udah kehabisan bahan aja, jambu biji ya mending dimakan". Yaa...suka-suka yang komen emang, mau pake silakan enggak juga nggak papa. Saya kan sekedar share pengalaman saja. Lagipula jambu biji ini kandungan vitamin, mineral dan antioksidan nya juga oke lo. Lumayan buat dimanfaatin untuk perawatan. Apalagi kalo di rumahnya ada pohon jambunya.

eh. kok jadi curhat yak.🤭

Back to topic.  Susu bubuk Dancow ini nantinya bisa kita kreasikan sesuka hati, dikombinasikan dengan aneka bahan yang juga alami, dan tentunya disesuaikan dengan kebutuhan kulit masing-masing.


Manfaat Susu Dancow

Oke mari kita bahas kandungan dan manfaat susu untuk perawatan kulit.
Susu sapi mengandung lactic acid fungsinya sebagai natural AHA yang dapat mengikis sel kulit mati, memicu cell-turnover (pergantian sel kulit) sehingga dapat mencerahkan kulit. Selain itu susu juga mengandung vitamin yang komplit (A, B, C, D, E), mineral seperti potassium, calsium, magnesium, zinc dll. Selain itu juga mengandung asam amino, dan asam lemak, sehingga dapat menutrisi kulit, menjaga kulit tetap terhidrasi,  menguatkan skin-barrier, melembutkan serta meratakan warna kulit.

Lalu bagaimana dengan susu dencow? ya sama aja. Justru memakai susu bubuk lebih unggul daripada susu segar/cair. Sebab: 

Pertama, lebih higienis.

Kedua, konsentrasi susu bubuk lebih tinggi daripada susu cair. Bayangkan. Kita bisa pake 1 sendok full susu bubuk yang diencerkan dengan sedikit air mawar hingga berbentuk pasta dan mengaplikasikan seluruhnya ke wajah. Sedangkan 1 sendok susu cair mustahil kita ratakan seluruhnya, pasti sisa, sebab bentuknya cair, jadi yang nempel cuma dikit.😂

Ketiga, daya simpanya tentu lebih lama daripada susu segar. Satu sachet susu dancow bisa dipake berkali-kali. Saya sendiri baru habis kurang lebih 1 bulan, karena pake masker seminggu hanya 2-3x. 

Keempat, susu bubuk sudah dapat dipastikan kandunganya sesuai yang tertera pada kemasan. 

Kelima. Ini berlaku untuk semua susu bubuk. nggak cuma yang merk dencow aja. Malah kalo kita jeli, pakailah masker dari susu bubuk khusus untuk bayi 0-6 bulan. Karena sudah pasti kandungan vitamin+mineral nya jauh lebih komplit.👍👍👍


Kreasi Masker Susu Dancow

Nah. Susu bubuk dencow ini bisa dipake sendirian atau bisa pula kita campur dengan aneka bahan yang available di dapur/kulkas. Sebut saja: bubuk kopi, bubuk kunyit, norit aktif charcoal, bubuk teh greantea, bubuk kayu manis, bubuk daun kelor, bubuk daun turi, dll. 

Kalo bahan pengencernya saya biasa pake viva air mawar, putih telur (kalo pas kebetulan mau goreng telur, saya sisain putih telurnya dikit buat campuran masker susu dancow ini), atau bisa juga pake air perasan lemon, semangka, lidah buaya, air perasan tomat, dan timun. Hmmm pokoknya tengoklah kulkas kalian, adanya apa, kalo adanya tomat, ya pake tomat. #Tapi jangan pake sawi, emangnya kita mau bikin mie godok😂

Jadi dalam satu masker kita bisa mengkombinasikan 3 bahan atau lebih. Misalnya: susu bubuk + bubuk kunyit/kopi/coklat + putih telur/air buah-buahan
#air buah-buahan=air yang keluar ketika kita memeras buah yang banyak mengandung banyak air (tomat/jeruk/semangka/anggur/timun/belimbing, de-es-te sesuai yang tersedia di kulkas kalian.

Pilih salah satu aja tapi, jangan semua. Kalo semua nanti terlalu encer akibatnya masker tidak bisa diaplikasikan. Hehehe
Oya, kalo udah pake putih telur/air buah nggak perlu lagi pake air mawar ya gaess..



Maafkan wajah saya yang aneh..Susu dancow emang top.

Tolong jangan diketawain yah. Hehe
Paksu aja sampe bilang gini: "wajahmu aneh kalo pake masker, kayak alien".
Bomat deh. Bentar aja kok. Jadi alien cuma 15 menit doang 😂


Keterangan:

1. Susu Dancow+ Norit+ Air Mawar

Caranya: 1 sdt susu bubuk dancow dan 1 butir norit yang telah dihaluskan kemudian diencerkan dengan air mawar secukupnya sampai membentuk pasta. Kemudian ratakan. tunggu 15 menit. Bilas

Manfaat: melembabkan, menutrisi, mendetox kulit, dan mengontrol sebum.  

Cocok untuk: 1). Kulit yang habis bepergian kena polusi asap kendaraan. 2) Kulit normal dan berminyak. 3). Kulit tipe komedogenic prone 4). menenangkan kulit yang habis mengalami breakout.

Norit-nya bisa dibeli di apotek atau alfamart terdekat. Harga 21 ribu isi 40 butir.

2. Susu Dancow+Putih Telur 

1 sdm susu dencow dicampur putih telur cukupnya sampai membentuk pasta. Oleskan ke wajah. Tunggu 20 menit/hingga kaku. Kemudian bilas.

Manfaat: melembapkan, menutrisi, mencerahkan, memudarkan bekas jerawat, dan mengencangkan.
Cocok untuk semua jenis kulit.

3. Susu Dancow + Bubuk Kunyit + Air Tomat 

Campur 1 sdt susu dancow+ 1sdt bubuk kunyit dan air perasan tomat secukupnya. Campur semua bahan hingga membentuk pasta. Ratakan ke wajah. Diamkan hingga kering lalu bilas.

Manfaat: melembapkan, mencerahkan, antioksidan, mengencangkan kulit, meringkas pori, mengendalikan jerawat dan memudarkan noda bekasnya, mengontrol minyak berlebih.

Cocok untuk: kulit kusam, berminyak dan berjerawat.

Bubuk kunyitnya bisa pake merk Desaku atau apa saja yang penting kunyit murni 100%. Masker susu kunyit ini jika dipakai rutin efektif sekali mengontrol minyak dan jerawat karena kunyit mengandung astringen yang dapat meringkas pori dan mengontrol sebum. Juga mengandung anti bakteri/jamur sehingga bisa melawan bakteri penyebab jerawat. 

Tips: pakenya sebaiknya di sore hari sebelum mandi, sebab warna kunyit nya akan tertinggal di kulit jadi perlu dibilas lagi pake sabun cuci muka.

4. Susu Dancow+ Greentea

Bahan: 1sdt susu dencow + 1 sdt bubuk greentea + air perasan anggur secukupnya (kebetulan di kulkas ada anggur) bisa diganti air mawar, atau air biasa. Campur semua bahan hingga membentuk pasta dan oles. Tunggu hingga kering. Bilas sambil pijat lembut dengan gerakan memutar, terutama di area komedo. Bisa sekalian buat scrub untuk mengangkat komedo dan sel kulit mati.

Manfaat: melembapkan, menutrisi, mencerahkan, antioksidan, mengontrol minyak berlebih, merawat kulit berjerawat dan memudarkan bekasnya, menghilangkan komedo.

Cocok untuk: kulit normal, berminyak, kusam, komedo dan berjerawat.

Oya, bubuk greentea ini bisa dibikin dulu dari teh hijau kepala jenggot atau merk apa saja, kemudian blender hingga halus, saring. Simpan dalam wadah tertutup.


Kesimpulan

Uniknya semua bahan tadi masih bisa lo dikombinasikan dengan madu. Lebih tokcer lagi nanti hasilnya. Karena madu cocok untuk semua jenis kulit, dan manfaatnya juga banyak, serta mengandung antibakteri yang bagus banget buat kulit berjerawat.

Oya. Sehebat apapun claim DIY Masker Susu Dancow ini, kalau kalian nggak telaten ya sama saja. Jadi, baik skincare pabrikan maupun bahan alami kalo kita nggak rutin pake, dat nyeng, suka-suka jidat, ya jangan harap hasilnya akan maksimal.

Well..

Sekian kreasi masker susu dencow dari saya. Sebenarnya, masih banyak lagi bahan-bahanya. Pokoknya tinggal kreasikan saja sesuai kebutuhan kulit mu. Ber-eksperimen dengan DIY masker wajah itu me time yang menyenangkan.
Oke. Sampai jumpa lagi🖐️

2 comments

  1. Jazakillahu khoyron mbak. Saya sering mampir ke sini sebelum beli skincare🤭 atau sekedar baca tips untuk perawatan kulit, makin banyak saya baca makin banyak wawasan yang saya dapat dan jadi lebih cermat dalam memilih skincare. Semoga mbak diberi kesehatan dan umur panjang sehingga bisa terus menulis
  2. Wah... Alhamdulillah...ikut senang bisa membantu...🥰

    Terimakasih banyak dukungan nya🙏🙏🙏
DESCLAIMER: Saya bukan dokter, tapi seorang Skincare-Anthusiast yang telah lama mempelajari tentang kandungan skincare melalui jurnal dan berbagai sumber lain nya. Saya juga pernah mempunyai masalah kulit seperti: acne prone, oily, komedo, PIH, PIE, dermatitis atopik, alergi, sensitized, etc. Kondisi kulit saat ini: combination-to-dry, pori-pori besar, prone to eczema.

Semoga Skincapedia bisa membantu teman-teman dalam mencari referensi skincare 🙏
Developed by Jago Desain