Penjelasan Ingredients Hadalabo Tamagohada Face Wash

Hadalabo tamagohada iMengandung bahan yang perlu dihindari selama hamil. BHA, Lauramide DEA, dan paraben. Tapi entah ya, karena....

Hadalabo adalah brand dari jepang yang sukses mencuri perhatian para beauty junkie indonesia. Termasuk saya, cuma saya mungkin satu-satunya orang yang belum berkesempatan bertemu denganya, huhuhu. Kurang jauh ini piknik-nya. Sehingga bisanya hanya ngepoin ingredients. Tapi nantiiii.....biasanya.....begitu diliat dari ingredients-nya nggak ada masalah, dan begitu ada kesempatan ketemu, entah itu di alfamart, atau indomaret, atau toko maret-maret yang lain....langsung cuss ambil dong.

Hadalabo Tamagohada AHA BHA Face Wash. Foto by ecye16 FD Member

Well...Tamagohada mild peeling face wash adalah variant sabun cuci muka hadalabo yang diperkaya dengan kandungan AHA sebanyak 0,98% dan juga BHA. Tamagohada artinya kulit telur, Gaes. (tamago: telur, hada: kulit). Bisa jadi maksudnya dengan memakai hadalabo tamagohada bisa bikin kulit mu kenceng, putih, dan halus  macam kulit telur ayam kampung🤭. Atauuu..... kulit mu bisa mulus, putih, kenyel, tapi lembut kek putih telur mateng. Kalo yang ini gigit-able  juga dong brarti🤭✌️


Sebenarnya, udah lama doi hype, tapi sampe sekarang pun masih banyak yang nyari, dan banyak direkomendasikan para beauty reviewer, bakalan laris sampe akhir hayat ni kayaknya.😊


Ingredients

Aqua (water), Butylene Glycol, Potassium Myristoyl Glutamate, PEG-400, Lauramide DEA, Stearic Acid, Lauric Acid, Glycol Distearate, Polyquaternium-39, Lauramidopropyl Betaine, Glycolic Acid, Sodium Cocoamphoacetate,  Potassium hydroxide, Methylparaben, Salicylic Acid.

Penjelasan Ingredients Hadalabo Tamagohada

Bahan aktif

Glycolic Acid (AHA) dan Salycilic Acid (BHA)

Nah. Mereka sama-sama bahan eksfoliant yang bertujuan mengikis sel kulit mati. 

sumber: image beauty & skincare clinic


Bedanya:
AHA. Merupakan bahan larut air yang bekerja di atas permukaan kulit dan mengikis sel kulit mati. Memiliki kemampuan hidrasi dan menstimulasi kolagen. Tapi bisa menyebabkan kulit sensitif terhadap cahaya.
Sehingga AHA bagus untuk: 

  • mengembalikan kelembapan dan kekenyalan kulit. 
  • Merevitalisasi kulit kusam. 
  • Mengurangi penampakan garis halus. 
  • Membantu menyamarkan hiperpigmentasi. 
  • Meratakan tekstur dan warna tone kulit.

BHA. Merupakan bahan larut minyak yang bekerja di lapisan kulit terdalam, sehingga tidak hanya mengikis sel kulit mati, namun juga membuka pori-pori tersumbat, dan mengatasi komedo, baik blackhead maupun whitehead, mengontrol kelenjar minyak, etc. Tapi, tidak menyebabkan kulit fotosensitif. Selain itu, BHA juga memiliki kemampuan antiinflamasi dan antibakteri. Sehingga cocok untuk:

  • Kulit berjerawat, berminyak, dan comedogenic-prone.
  •  Menjaga kebersihan pori-pori sehingga membuatnya tampak mengecil.
  •  Membantu mengatasi milia dan rambut-rambut halus yang tak diinginkan.

Bahan Pelengkap

Butylene Glycol.

Bahan pelarut, pengencer, yang diperoleh dari turunan minyak bumi.

Potassium Myristoyl Glutamate.

is a mild natural surfactant. Merupakan surfaktan alami yang lembut. Terbuat dari asam amino L-Glutamic acid dan asam lemak miristat. Bahan ini hypo-allergenic dan non-comedogenic. Berasal dari sumber alami dan biodegradable. Intinya ramah kulit dan ramah lingkungan👍👍

PEG-400.

Merupakan pelarut kuat yang mampu meningkatkan kelarutan bahan yang tidak mudah larut dalam air secara signifikan.

Lauramide DEA.

Adalah senyawa yang terbuat dari asam laurat dan diethanolamine (DEA), berfungsi sebagai surfaktan, foam-booster, dan anti-statis. Bahan ini merupakan mild-skin-irritant tapi tidak sensitizer atau menyebabkan fotosensitif. Berdasarkan CIR Expert Panel bahwa bahan ini aman sebagai ingredients skincare.

Stearic Acid.

Merupakan asam lemak yang berfungsi sebagai emollient dan emulsifier. stearic acid bisa jadi sintetis atau diperoleh dari lemak nabati/hewani.

Lauric Acid.

Asam lemak yang diperoleh dari santan/minyak kelapa. Memiliki beberapa fungsi: surfaktan, emulsifying, juga memiliki aktivitas antibakteri dan anti-acne.

Glycol Distearate.

disebut juga diester yang terbuat dari 2 molekul asam stearat dan 1 molekul ethylene glycol. Fungsi utamanya adalah sebagai opacifier dan pearling agen dalam produk pembersih, membuat formula berwarna putih dan glossy.

Polyquaternium-39

merupakan jenis polimer yang berfungsi sebagai antistatic agent. Konsentrasi pada produk pembersih sebanyak 3%.

Lauramidopropyl Betaine.

Merupakan gentle surfaktan. Biasanya dipakai sebagai pembersih sekunder/bahan pemicu busa. Diperoleh dari tanama/sintetis. Tergolong bahan irritant dengan risiko rendah.

Sodium Cocoamphoacetate

Sejenis surfaktan yang mild dengan daya bersih yang lumayan, sehingga cocok untuk kukit sensitif. Doi sering dipakai dalam pembuatan sabun bayi.

Potassium hydroxide.

a.k.a soda api. Merupakan surfaktan dengan sifat basa kuat. Doi biasanya di-combine dengan minyak agar menghasilkan sabun melalui proses saponifikasi.

methylparaben.

Pengawet yang pernah kontroversial.
Konsentrasi yang diijinkan hanya 0,4% dan itu tidak akan cukup membahayakan mu.


Kesimpulan

✔️Ini adalah jenis sabun pembersih dengan spesifikasi chemical peeling. Artinya dia bisa mengikis sel kulit kusam mu secara kimiawi.
kimiawi= non fisik. Jadi walo sifatnya "mengikis", tapi sabun ini tidak mengandung 'scrub', Gaess..
Jadi kalo ada scrub-nya itu namanya physical peeling. Dan, peeling kimiawi ini tentu dinilai lebih lembut daripada yang pake scrub. Sehingga masih aman dipakai walo jerawat lagi meradang, justru kandungan BHA-nya bisa membantu meredakan kulit kemerahan/inflamasi akibat jerawat.
Lagipula Tamagohada ini juga menggunakan surfaktan yang mild, dengan risiko iritasi rendah.

❗Walo demikian, sudah ada peringatan pada kemasanya bahwa sabun ini mungkin menyebabkan kulit sensitif terhadap cahaya (fotosensitif) oleh karenaya, wajib pakai sunscreen minimal spf 15.

✔️Menurut klaimnya, Tamagohada ini cukup aman dipakai setiap hari. Tapi, kalo kulit sensitif dan tipis, mungkin lebih aman di selang-seling, dipakai pas komedo lagi banyak-banyaknya...2-3x seminggu.

✔️Tidak mengandung fragrance👍👍👍

❗Mengandung bahan yang perlu dihindari selama hamil: paraben.
Tapi entahlah ya, karena ini kan sabun yang hanya beberapa detik saja nempel di wajah. Sehingga status "perlu dihindari" masih berlaku atau tidak.... Jika masih ragu sebaiknya konsultasi ke dokter dulu 😉

✔️Produk Rohto. Sudah BPOM. Halal

✔️Cek harga? 35k. 100ml


 

19 comments

  1. Jadi kepengen coba deh soalnya aku pernah pakai hadalabo yang gokujyun kayak langsung jerawatn terus brutusan, awalnya kukira itu purgin kali trus aku lanjutkan ehh malah nimbul trus akhirnya aku stop kali ini gak cocok untuk kulit aku yg berminyak kali.
  2. Karna kulit aku belum pernah exfoliasi jadi kepengen juga pakai hadalabo ini tapi masih takut nnti gak cocok dan purgin lagi jadi kaya gelisa aja nimbul jerawat trus. Kalo besic skincare aku 1.micellar water wardah 2.benton aloevera gell (tapi mau ganti ke azarie karna murah dan bagus juga review nya) 3.suncreen acnes.
  3. Karna kulit aku belum pernah exfoliasi jadi kepengen coba deh tapi takut nnti gak cocok dan purgin lagi.
  4. Sebenarnya kalo basic skincare aja udah cukup, nggak pake exfo pun nggak masalah....

    Atau basic skincare nya di kuatin dulu, kalo udah kuat, bisa coba exfo...

    Exfo cukup 2-3x seminggu, jangan tiap hari...bisa dimulai dari produk Exfo yang formulasi nya gentle dulu....
  5. Sekarang kondisi muka sya suka nimbul jerawat trus awalnya gr"serum implora yg niaciniemed trus kyak komedoan putih di dagu jidad dan pipi awalny mungkin penyesuian kali di kulit tapi lama"malah nimbul jerawat mendem gitu yg awalny bekas jerawatan hitam malah timbul disitu melulu akhir ny berhenti deh. Dan sekarang aku pakai sabun whitelab kaya kurang cocok gitu dimuka aku malah bikin ketarik gitu jerawat gk sembuh"
  6. Jadi binggung mau pakai sabun apa yang cocok dah mumer dan bagus untuk kulit oily sensitif berjerawat 😫
  7. Ini furgal acne free gak kk
  8. Kalo bahan Fungal acne triggernya ada seperti Glycol distearate, lauric acid, stearic acid,,,,tapi ini kan produk bilas ya, paling bahan-bahan tersebut ya ikut kebilas air,,,

    jadi kalo menurut q, aman-aman saja buat Fungal acne...☺️
  9. Kalo habis pakai ini terus pakai serum Niacinamide ga masalah kah?
  10. Iya, gpp, nggak masalah...karena proses Exfoliasi nya udah selesai☺️
  11. Jujur sih menurutku produk ini bagus bangett, aku udah pakai 3 bulanan,
    Ga bikin kering/ketarik setelah cuci muka, karena ada kandungan AHA jadi aku cuma pakai sehari sekali setiap pagi, sorenya cuma cuci muka pakai air aja
  12. Wah ikut senang😉....terimakasih banyak sudah berbagi pengalaman🙏
  13. Kak bedanya ini sama yang make up remover apa ya
  14. Kalo ini buat mild Peeling (exfoliasi gentle). Ada kandungan AHA BHA.
    Untuk membantu mengikis sel kulit mati yang menumpuk...

    Kalo make up remover, untuk membersihkan sisa make up.
  15. Klo pake fw ini dilayer sama kandungan exfo lacoco dark spot essence aman ga kak?
  16. Sepertinya nggak masalah, karena kandungan disini cukup gentle ..tapi balik lagi ke sensitivitas kulit masing-masing,
    Kalo kebetulan sensitivitas kulitnya tinggi, bisa di Test dulu, dan amati respond kulit nya gimana
  17. ini beneran gentle ya kak? aq selama ini exfo pake facial scrub dan habis exfo, besoknya malah muncul bruntus tapi sehari hilang. apa itu purging ya? pengen coba chemical exfo, lebih aman ya kak?
  18. Karena gk ada postannya jd aku izin tanya disini kak. Pas itu aku coba tamagohada versi tonernya bikin breakout pdhl gk ada ingredients aktive atau yg gk cocok diwajahku jdnya aku tkt mau nyoba produk hada labo lainnya salah satunya ini :( kira” knp ya kak?
  19. Jadi break out nya karena pake Tamagohada toner ya?

    Bisa jadi karena salah pakai...
DESCLAIMER: Saya bukan dokter, tapi seorang Skincare-Anthusiast yang telah lama mempelajari tentang kandungan skincare melalui jurnal dan berbagai sumber lain nya. Saya juga pernah mempunyai masalah kulit seperti: acne prone, oily, komedo, PIH, PIE, dermatitis atopik, alergi, sensitized, etc. Kondisi kulit saat ini: combination-to-dry, pori-pori besar, prone to eczema.

Semoga Skincapedia bisa membantu teman-teman dalam mencari referensi skincare 🙏
Developed by Jago Desain