Mengulas Ingredients Hadalabo Shirojyun Ultimate Whitening Milk

Hadalabo shirojyun Whitening milk ini mengandung arbutin. Dan apakah arbutin aman untuk ibu hamil? Menurut situs paula's choice mendingan dihindari,

Hadalabo Shirojyun Ultimate Whitening Milk ini memiliki spesifikasi mencerahkan kulit, diperkaya dengan arbutin dan vit c. Shiro dalam bahasa jepang artinya putih. Hadalabo Milk ini memiliki tekstur seperti lotion yang kentel. Nah, yang variant lotion justru cair seperti toner. Hmm...nggak bingung kan? Jadi seri shirojyun ini ada variant lotion dan milk. lotion=toner. milk=lotion. Seperti halnya seri Hadalabo yang lain. Yang dipakai tentu yang bertekstur encer dulu baru yang kentel, gitu gaesss...

Hadalabo Shirojyun Ultimate Whitening Milk. Foto by Debbiefatmawati FD Member


Dan cara memakai variant milk ini nggak boleh banyak-banyak, yah..biar nggak greasy. Secukupnya saja, sebiji jagung udah cukup nglembapin semuka.

Kepo sama ingredient-nya yuk...


Ingredients:

water, dipropylene glycol, triehylhexanoin, isopropyl palmitate, arbutin, glycerin, glyceryl stearate SE, pentylene glycol, peg-20 sorbitan isostearate, cetyl alcohol, limnathes alba (meadowfoam) seed oil, xanthan gum, hydroxyethylcellulose, methylparaben, triethanolamine, disodium edta, carbomer, sodium hyaluronate, magnesium ascorbyl phosphate.


Penjelasan Ingredients Hadalabo Shirojyun Milk

Mengandung Bahan Aktif

Arbutin

Merupakan turunan hydroquinone yang efektif mengatasi melasma/hiperpigmentasi kulit. (Dikutip theklog.com) Menurut dermatolog Margo Weishar founder springhouse Dermatology and aesthetics, Arbutin bekerja dengan cara melepas hydroquinone melalui proses hidrolisis, sehingga dapat mencegah pembentukan melanin. 

Meski demikian, arbutin juga dikatakan sebagai alternatif hidroquinon yang lebih alami yang diekstrak dari tanaman bearberry, blueberry, atau cranberry. Namun, bisa juga diproduksi secara sintetis. Nah.

Lalu, apakah arbutin ini aman untuk ibu hamil? Paula's choice sendiri berpendapat seperti yang saya skrinsut dibawah ini.

Jadi, kata paula, mending nggak usah dulu karena arbutin tetap ada 'hubungan' nya dengan hydroquinone. Lagipula masih banyak alternatif lain selain arbutin. Mengapa ambil risiko?

limnathes alba (meadowfoam) seed oil.

Merupakan hasil ekstraksi dari biji bunga meadowfoam. Seperti dikutip dari doktersehat, minyak biji ini mengandung 98% asam lemak, sehingga baik untuk menjaga kelembapan kulit. Selain itu juga bersifat meredakan ruam dan menenangkan kulit kemerahan. Mengatasi gejala sunburn dan alergi pada kulit.

sodium hyaluronate.

Nah. Yang ini tentu sudah pada hafal kan ya?skin-identical ingredients dengan kemampuan water binding 100x dari berat molekulnya sendiri sehingga efektif menjaga kelembapan kulit.

magnesium ascorbyl phosphate.

Vitamin C turunan. Alternatif yang lebih gentle/mild untuk antioksidan, skin-brightener, dan collagen-booster. Tapi mohon dimaklumi jika potensinya tak sekuat vit c murni. Sebab, derivat vit C ini mesti diubah dulu menjadi asam askorbat sehingga bekerja efektif. Dan proses 'perubahan' itu terjadi dilapisan kulit kita, gaes...


Ingredients Pelengkap

Bahan pelengkap biasanya berfungsi sebagai:

  • pelarut (water, glyserine,....)
  • pengencer (dipropylene glycol, pentylene glycol,....),
  • pengental (xanthan gum, hydroxyethylcellulose....),
  • pengemulsi (glyceryl stearate, cetyl alcohol, peg-20 sorbitan isostearate....), 
  • ph adjuster(triethanolamine)
  • chelating agen (disodium edta)

Tapi saya akan bahas yang kira-kira perlu saja yah...hehe. Biar nggak pusing bacanya✌️


Bahan pelengkap yang berfungsi sebagai kondisioner kulit (pelembut dan pelembap)
glyserine, triehylhexanoin, isopropyl palmitate, , cetyl alcohol.

Bahan yang berpotensi komedogenik
isopropyl palmitate (4), glyceryl stearate SE (3), cetyl alcohol (3), triethanolamine (2), carbomer (1).
Level 1: ada kesempatan kecil menyumbat pori.
Level 2: mungkin menyumbat pori
Level 3: cenderung menyumbat pori
Level 4: sangat mungkin menyumbat pori
Level 5: jelas dapat menyumbat pori.

Wah...untuk kulit berminyak dan comedogenic-prone, agak mengkhawatirkan ini. Mangkanya, cara pake-nya tipis-tipis saja ya gaes...biar komedomu nggak makin numpuk. Jangan lupa rutin eksfoliasi pake tamagohada.🤭

Bahan yang disukai jamur malasezia. Adalah bahan yang terbuat atau mengandung asam lemak. yaitu: 

  • Limnathes alba (meadowfoam) seed oil.
  • isopropyl palmitate, 
  • glyceryl stearate SE, 
  • peg-20 sorbitan isostearate.
Sayang sekali ya..Jadi bagi kalian yang "menderita" fungal acne sebaiknya diberesin dulu yes...

Pengawet yang dipakai
methylparaben.


Apakah Hadalabo aman untuk ibu hamil?

Well....
Bahan skincare yang sebaiknya dihindari ibu hamil yaitu: retinol/retinoid, BHA/salicylic acid, Benzoyl peroxida, hydroquinone, merkuri, antibiotik, paraben, dll...Begitu yang saya dapat dari mbah gugel. Sehingga ada 2 poin yang hisa disimpulkan.

Pertama. Ada arbutin yang masih simpang siur. Jadi memang dari para ahli pun, banyak yang beda pendapat. Sebagian bilang aman, tapi ada juga yang bilang, sebaiknya hindari dulu. Sebab, walopun dikatakan arbutin itu alernatif yang lebih aman/alami dari hydroquinon, kenyataanya arbutin masih melepaskan hidroquinon. Dan parahnya kita juga nggak tahu, arbutin dalam skincare kita beneran terbuat dari bahan alami atau sintetis. Yang jelas dikutip dari website Paula's choice tidak menyarankan produk yang mengandung arbutin untuk dipakai ibu hamil.
Alternatif pencerah yang lebih aman untuk ibu hamil: vit c, vit B3, kojic acid, allagic acid.

Kedua, paraben memang memiliki reputasi buruk karena dapat menyebabkan kanker dan jika dipakai ibu hamil dapat menyebabkan gangguan janin. Dan itu, memang betul gaess. JIKA konsentrasi parabenya juga banyak, sehingga yang terserap ke dalam kulit dan masuk ke aliran darah juga banyak.

Tapi...Asal kalian tahu, paraben masih aman digunakan asal dosisnya tidak melebihi batas maksimum. Adapun konsentrasi maksimal methyl paraben yang dijinkan dalam skincare yaitu: 0,4%.

Nah, dari 0,4% itu yang terserap ke dalam kulit hanya 4% nya saja, Gaess. Catat ya, 4% dari 0,4%. Nah lo, berapa itu?
Dengan konsentrasi sekecil itu, paraben tidak akan membahayakan mu, Gaess...

Tapi jika lagi hamil? Boleh pake nggak?
Kalo saya yang jawab: Emang nggak ada skincare lain apa yang tidak mengandung dua zat di atas?

Bagaimana pun juga bumil harus tetap selektif dan hati-hati. Karena apa yang dia pakai/ konsumsi akan secara langsung berdampak pada kesehatan sang buah hati.😊
✌️✌️

✔️Beli di Official store

Sumber: incidekoder, doktersehat, paula's choice, theklog, mbah gugel dll.

9 comments

  1. Yang lotion nya belum ya kak?
  2. Iya kayaknya belum...😅
  3. Fungl acne safe ga ka
  4. Nggak Fungal acne safe. Ada glyseryl stearate SE, isopropyl palmitate, trus peg-20 sorbitan Isostearate
  5. Kak yg varian lotion nya shirojyun ini kn kubaca juga ada vit c berarti GK bisa dipake di hari pas pas an dengan AHA bha dan retinol ya kak? Trus kn ini juga ada arbutinnya, nah kubaca di riview kemarin (di nutrishe), arbutin GK boleh dipake tiap hari lebih dari 3 bulan, berarti ini yg moisturizer lotion shirojyun juga GK boleh dipake tiap hari lebih dari 3 bulan?
  6. 1. Boleh kok, aq habis exfo pakai ini juga..layer sama retinol juga, retinol Eiem...

    2. Boleh nggak papa. Karena arbutin nya nggak sampe lebih dari 2%. Jadi aman juga buat jangka panjang...

    ☺️
  7. Kak menurut kakak, klo lgi ad jerawat dikit moisturizer ini apa san all in one yeee
  8. Kalo dilihat potensi komedogenik nya mending SAN All in One Repair Cream
  9. Makasiih kakkk
DESCLAIMER: Saya bukan dokter, tapi seorang Skincare-Anthusiast yang telah lama mempelajari tentang kandungan skincare melalui jurnal dan berbagai sumber lain nya. Saya juga pernah mempunyai masalah kulit seperti: acne prone, oily, komedo, PIH, PIE, dermatitis atopik, alergi, sensitized, etc. Kondisi kulit saat ini: combination-to-dry, pori-pori besar, prone to eczema.

Semoga Skincapedia bisa membantu teman-teman dalam mencari referensi skincare 🙏
Developed by Jago Desain