Mengulas Azarine Miraclear Herbal Peeling Serum

Azarine Miraclear Peeling serum ini plant ekstraknya juga sangat menjunjung tinggi nilai-nilai 'kearifan lokal' seperti: krokot, lemon

Oke, rupanya saya masih belum bisa move on dari produk azarine. Gila. Baru beberapa waktu yang lalu saya kenal azarine, begitu tahu, rasa penasaran saya terpancing terus sama produk-produknya. 

Yang membuat saya penasaran: ini brand lokal, produknya juga lumayan bervariasi, tapi kayak nggak pernah diiklanin gitu ya,  jarang banget dijumpai di etalase-etalase kosmetik di supermarket maupun minimarket, trus dari beberapa produk yang sudah saya kepoin dan saya tulis di blog ini, sumpah ingredientsnya keren-keren gitu, full bahan aktif dan banyak menggunakan ektrak tanaman. Dan yang membuat saya makin terkejut-kejut, harganya tuh terjangkauuu banget gitu loh...Penasaran nggak sih?
Dan kali ini saya penasaran sama serum AHA BHA nya: Azarine Miraclear Herbal Peeling Serum.


Azarine peeling serum. Foto by mbakaneh FD Member


Ingredients:

Aqua, Glycolic acid, propanediol, portulaca oleracea extract, citrus lemon fruit extract, carica papaya fruit extract, aloebarbadensis leaf juice, salycilic acid, bisabolol, lactic acid, sodium hyaluronate, solanum lycopersicum fruit extract, niacinamide, galactomyces ferment filtrate, centela asiatica extract, sodium PCA, chlorphenesin, polyquaternium-7, phenoxyethanol, xanthan gum.

Mengulas Ingredients Azarine Miraclear Peeling Serum

Bahan Aktif

  1. Glycolic acid.
  2. portulaca oleracea extract, 
  3. citrus lemon fruit extract,
  4. carica papaya fruit extract, 
  5. aloebarbadensis leaf juice, 
  6. salycilic acid, 
  7. bisabolol,
  8. lactic acid, 
  9. sodium hyaluronate, 
  10. solanum lycopersicum fruit extract, 
  11. niacinamide, 
  12. galactomyces ferment filtrate, 
  13. centela asiatica extract,
  14. sodium pca,

Subhanalloh, terkejut nggak sih, liat bahan aktif sebanyak itu? Kalo saya, iyes, terkejut banget. hehe. Sebab, dari sekian banyak skincare lokal yang udah saya kepoin ingredients-nya di blog ini, nggak ada yang pake plant ekstrak sebanyak itu. Kalo skincare korea, ada. Nah, kalo gitu boleh dong skincare lokal kita ini bersaing dengan skincare mancanegara?

Daan...plant ekstraknya juga kayaknya sangat menjunjung tinggi nilai-nilai 'kearifan lokal' seperti: krokot, lemon, pepaya, lidah buaya, tomat, pegagan. Sama sekali nggak ada tanaman aneh-aneh yang nggak kita kenal, hampir semua bisa kita jumpai di kebun kita gaess.. Dan saya yakin, salah satu atau dua dari mereka pernah kita bikin DIY masker. 😁


Bahan Aktif Menurut Fungsinya

Yang bersifat Peeling

AHA

  • 1). Glycolic acid. Merupakan natural AHA yang diperoleh dari sugar cane. Tau sugar cane, nggak? Sugar cane itu bahasa indonesia-nya Tebu, gaes..Tebu adalah bahan baku utama pembuatan gula pasir. Dah ah. lanjut.
  • 2). Lactic acid. AHA yang diperoleh dari susu atau yogurt
  • 3). Ekstrak tanaman yang mengandung AHA. citrus lemon fruit extract, carica papaya fruit extract, solanum lycopersicum fruit extract.
AHA ini bekerja di lapisan permukaan kulit, dan mengikis sel kulit mati. Memiliki kemampuan menghidrasi dan memicu sintetis kolagen. mengembalikan kelembapan dan kekenyalan kulit. Merevitalisasi kulit kusam. Mengurangi penampakan garis halus. Membantu menyamarkan hiperpigmentasi. Meratakan tekstur dan warna tone kulit. Tapi, AHA bisa menyebabkan kulit menjadi sensitif terhadap cahaya matahari.

BHA:

Salicylic acid.
Bekerja di lapisan kulit terdalam, sehingga tidak hanya mengikis sel kulit mati, namun juga mengatasi komedo, baik blackhead maupun whitehead, mengontrol kelenjar minyak, etc. Selain itu, BHA juga memiliki kemampuan antiinflamasi dan antibakteri. Sehingga cocok untuk: Kulit berjerawat, berminyak, dan comedogenic-prone. Menjaga kebersihan pori-pori sehingga membuatnya tampak mengecil. Membantu mengatasi milia dll. BHA tidak membuat kulit photo-sensitif.

Yang bersifat Menenangkan/ skin-soothing

  • aloebarbadensis leaf juice.
  • bisabolol. Merupakan senyawa yang berasal dari bunga camomile. Bunga camomile mengandung bisabolol sebanyak 30%.
  • centela asiatica extract. ektrak pegagan/cica. Selain memiliki aktifitas antibakteri, cica juga bersifat menenangkan kulit inflamasi, sehingga bahan ini sering diformulasikan dalam produk antiacne.

Yang bersifat melembapkan.

  • sodium hyaluronate. memiliki kemampuan water binding, dapat mengikat air 100x berat molekulnya sendiri.
  • sodiumPCA. singkatan dari Pyrrolidone Carboxylic Acid. Senyawa ini bahkan bisa dijumpai secara alami di kulit kita. Nah, bentuk garam/sodium dari PCA ini sangat penting karena bersifat skin-identical dan moisturizer alami yang sangat baik menjaga kadar air di lapisan kulit sehingga kulit kita tetap terhidrasi.

Yang bersifat skin-brightening
Glycolic acid.
ektrak krokot (portulaca oleracea extract), citrus lemon fruit extract,
carica papaya fruit extract,
lactic acid,
Ektrak tomat
Niacinamide


Last but not least
galactomyces ferment filtrate,
Merupakan sejenis jamur, yang diproses melalui proses fermentasi dan filtrasi sehingga kaya akan nutrisi penting seperti vitamin, asam amino, serta enzym yang berkhasiat untuk kulit.
Menurut Asian Journal of Beauty & Cosmetology, Galaktomisis dapat mengecilkan pori sebesar 15-21%, membantu mengurangi sebum 64%, mengatasi jerawat 9,5%.


Bahan Pelengkap

Aqua. Pelarut
propanediol. pengencer. Terbuat dari bahan alami
chlorphenesin. Pengawet
polyquaternium-7. Pengental
phenoxyethanol. pengawet
xanthan gum. Pengental. Terbuat dari bahan alami.


Kesimpulan

Siapa yang paling cocok memakai serum ini?
Serum AHA dan BHA ini akan sangat cocok jika dipakai kulit kusam, berjerawat, berminyak dan pori-pori besar.

Apakah aman jika dipakai setiap hari?
Untuk kulit normal, kering, dan sensitif, sebaiknya tidak dipakai setiap hari, diselang-seling, 2-3x seminggu atau pas komedo lagi banyak-banyak nya.

Apakah bisa mencerahkan kulit?
Iya, bisa. Mencerahkan atau mengembalikan kulit ke warna asli. Sifat AHA dan BHA adalah  mengikis sel kulit mati. Penumpukan sel kulit mati bisa menyebabkan kulit kusam. Jika sel kulit mati, terkikis sedikit demi sedikit, sel baru dan sehat dapat muncul, sehingga wajah terlihat cerah dan berseri. Lagipula, Azarine Herbal peeling serum ini juga dilengkapi dengan vit B3, dan plant extracts yang mengandung vit C yang tinggi.

Apakah bisa menyebabkan purging?
Bisa jadi, Gaess..purging adalah reaksi yang umum timbul ketika kulit sedang menjalani treatment dengan bahan aktif: Vit C murni, retinol,  AHA dan BHA.

Apakah bisa menyebabkan breakout?
Tergantung jenis kulitnya gaess, kalo kulitmu sensitif dan tidak tahan dengan kandungan asam. Sebab, selain Glycolic acid, Lactic acid, salycilic acid, azarine ini juga mengandung ektrak lemon dan pepaya yang dapat memicu sensitifitas kulit.

Bagaimana cara memakainya dengan benar?
Karena memiliki kandungan aktif AHA dan BHA, serum ini tidak boleh sembarangan dipakai ya. Terutama jika kulitmu tidak cukup kuat dengan kandunagan aktifnya, pakailah selang-seling, dipakai dimalam hari saja, kemudian paginya jangan lupa pakai sunscreen.
Kalau kulitmu cukup kuat, bisa dipakai tiap malam sebelum tidur, asalkan paginya tidak lupa memakai sunscreen, minimal spf 30.
Gunakan sebelum memakai pelembab/krim malam/sleeping mask.

Apakah ibu hamil boleh pakai?
Sebenarnya salycylic acid adalah salah satu bahan yang perlu dihindari ibu hamil. Karena beresiko terhadap kehamilan terutama jika dikonsumsi secara oral, dapat menyebabkan pendarahan. Namun, jika konsentrasinya hanya 2% atau lebih rendah dan dipakai topikal, maka aman-aman saja.  



39 comments

  1. bisa buat cowo nggak




    1. sangat bisa gan...
  2. udah mau abis dan masih mikir mau ganti whitelab peeling serum apa tetep pakai ini... Azarine peeling serum ini, klo pipi kiri lagi bruntusan atau iritasi (spot merah , gatal), pakai ini dalam hitungan menit udh kalem itu iritasi. merahnya hilang, bentolnya kempes dan si bruntusan lsg mulai merata lagi sama permukaan kulit.... tapi liat score review si whitelab , jadi bikin galau. Antara pengen ganti tapi takut kecewa hehehehe
  3. kak, sehabis pake ahabha somethinc lanjut ini serumnya gpp? soalnya dikulit saya yang badak ini sungguh melembabkan dan oily~~
  4. Selama kulitnya kuat, nggak masalah...asal jangan dipakai setiap hari...cukup 2-3x seminggu saja...
  5. Kak kalo habis Makai serum piling ini di seling pakai serum acne bisa gak .kan serum piling dipakai 2-3x seminggu pas waktu Gak pakai serum piling dipakaiin serum acne bisa gak?
  6. Iya bisa banget,,,ya emang serum Peeling itu cuma buat selingan aja .😊
  7. Kak Kulit aku lagi dehidrasi + banyak bekas PIE dan jerawat aktif gara gara bulanan kira kira kalau pakai ini boleh ngg ya atau BIG NO ?,skintype aku sensitif combi ( + varicose (spider) vein genetik)

    Katanya kalau lagi dehidrasi suruh pakek skincare buat ngehidrasi tapi masalahnya udah coba lebih fokus hidrasi,eh malah over jadinya nambah..well kira² lebih milih Azarine peeling / Azarine anti acne / Scarlett acne dikondisi yang genting ini ?
  8. Iya boleh kok..tapi kalo sensitif jangan dipakai setiap hari ya, 2-3x seminggu aja, untuk mencegah pori-pori tersumbat.😊

    Pakai pelembap nya yang ringan, pilih yang non-comedogenik biar jerawat nya nggak makin banyak...
  9. Kak, kalo habis pakai azarine peeling ini boleh pakai serum vit c dari garnier gak?
  10. Boleh saja, soalnya Vit C nya pakai yang derivatif,,, jadi ku pikir nggak masalah ..

    Tapi tetep tergantung sensitivitas kulit masing-masing ya,

    Jadi kalo misal nanti ngrasa nggak nyaman mending dipakai lain kali.

    Kalo nyaman2 saja ya berarti aman😊
  11. Fungal acne safe ga ya ka?
  12. Sayangnya enggak ..ada Galactomyces ferment yang jadi Fungal acne trigger...
  13. Ka klo abis pakai peeling serum azarine boleh pakai pelembab yg ada kandungan niacinamide nya ngga ka ?
  14. Boleh tapi dikasih jeda, kalo nggak salah 8 jam. Kalo enggak ya, pakai niacinamide nya di lain kesempatan/hari.
  15. Kak kalo sebelum pake peeling serum azarine, pake toner wardah yang lightening itu boleh ngga ya ka??
  16. Wardah Lightening ada niacinamide nya kan ya?

    Mending kasih jeda dulu, lagipula Peeling serum nggak dipakai setiap hari kan.
    Nah, kalo pas jadwal pakai peeling serum,,,lebih baik jgan pakai skincare lain yang ada kandungan niacinamide nya dulu...biar nggak ganggu kinerja satu sama lain.
    CMIIW...
  17. Kak kalo abis pake serum ini pake serumnya feelxo yang cica bisa gak kak?
    Apa malah ngurangin efektivutasnya?
  18. Kalo aq pribadi, lebih suka kalo Chemical Peeling itu dipakai sendirian. Leave alone..hehe. jadi biar fokus Exfoliasi dulu.
    Atau kalo enggak ya di kasih jeda minim 10-30 menitan. Itu kalo cara ku.

    Kecuali kalo Peeling serum nya yang cara pakainya 10menit dibilas. kalo habis pake itu malah disarankan pakai serum yang hydrating, Soothing, Moisturizer, dll.
  19. Kak kalo pake peeling serum azarine trus pelembabnya dr azarine juga apakah boleh kak? Ehehe masih pemula soalnya
  20. Iya boleh☺️
  21. Ini pake nya di bilas ka? Kalo untuk umur 15 bisa ga ka?
  22. Bisa.
    Pake semalaman-nggak dibilas
  23. Apa iya setelah pakai ini harus dibilas ? Banyak saya liat review-nya gada yg dibilas katanya , mohon penjelasannya
  24. Azarine Peeling serum nggak perlu di bilas..
    Jadi bisa dipakai semalaman....
  25. Aman nggak ya untuk ibu hamil 8 bulan?
  26. Kalau pakai serum ini sebaiknya pelembab Emina aloevera gel atau Emina sleeping mask kak?
  27. Aloevera melembapkan sekaligus menenangkan.

    Emina Sleeping mask: lebih menghidrasi dan melembapkan.

    Terserah sih, pilih salah satu, dua-duanya bisa dikombinasikan dengan serum azarine herbal Peeling☺️
  28. Kak aku masih pemula banget, pengen nyoba ini buat ilangin bekas jerawat
    Tapi.. kebanyakan dari skincare aku yang sekarang itu mengandung niacinamide
    Katanya ngga boleh di apply bersamaan ya kak?
    Baiknya gimana ka, mohon sarannya :)
  29. Boleh kok, kalo mau dilayer dengan niacinamide, kasih jeda minimal 15-30 menit...
  30. Ini efektif mencegah jerawat ga?
  31. Min, Azarine peeling serum ini PH nya berapa ya? Denger2 kalau exfoliator PH nya masih di atas 5 kirang ngaruh
  32. Haruskah pakai pelembab setelah pakai serum ini?
  33. Sayangnya tidak tahu pasti berapa pH produk ini...

    Dan iya betul, produk Exfo memang sangat tergantung dengan pH formula,,,semakin rendah semakin efektif tapi risiko nya juga tinggi...sebaliknya semakin tinggi pH semakin gentle/ringan, bahkan tidak terlalu pengaruh/efektif,,,tapi cukup aman untuk kulit sensitif....

    CMMIW 🙏🙏
  34. Kalo mau dilanjut pakai pelembap boleh-boleh saja,,tapi usahakan pakai pelembab yang tidak mengandung 'actives'....
  35. Kak, kalo pake toner hatomugi sebelum pake peeling serum azarine boleh g?
  36. Iya boleh2 saja...
    Toner hatomugi nggak mengandung 'actives', jadi aman kalo di layer ..
  37. Kak kalo setelah pakai ini, lalu pakai azarine oil free moisturizer (ada niacinamide nya), boleh ga ka??
  38. kak mau tanya kalau peeling serum tu bagusnya yang dibilas atau yang dibiarkan semalaman ya kak?
DESCLAIMER: Saya bukan dokter, tapi seorang Skincare-Anthusiast yang telah lama mempelajari tentang kandungan skincare melalui jurnal dan berbagai sumber lain nya. Saya juga pernah mempunyai masalah kulit seperti: acne prone, oily, komedo, PIH, PIE, dermatitis atopik, alergi, sensitized, etc. Kondisi kulit saat ini: combination-to-dry, pori-pori besar, prone to eczema.

Semoga Skincapedia bisa membantu teman-teman dalam mencari referensi skincare 🙏
Developed by Jago Desain