Mengintip Ingredients Azarine Gentle Anti Acne Foam

Azarine Acne Gentle Foam mengandung DLS sebagai surfaktan yang menghasilkan busa tanpa mengiritasi, sebab ukuran molekulnya lebih besar sehingga

Sejak saya kenal dengan azarine, saya kepoin terus produk-produknya. Barangkali ada yang baru. Nah akhirnya ketemulah saya dengan produk ini: Azarine Acne Gentle cleansing foam, sebuah produk pembersih muka khusus untuk kulit berjerawat. Saya penasaran apakah sabun muka ini juga mengandung ekstrak krokot.
Yuk kita intip ingredientsnya:

Azarine Acne Gentle Cleansing Foam


Ingredients:

Aqua, Disodium Laureth Sulfosuccinate, Cocoamidopropyl Betaine, Propanediol, Glycerin, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Hamamelis Virginia Leaf Extract, Polyacrylate Crosspolymer-6, Alcohol, Citrus Limon (lemon) fruit extract, Chlorphenesin, Salicylic Acid, Rheum Palmatum Root Extract, Allantoin, Honey (mel), Portulaca Oleracea Extract, Fragrance, Citric Acid. (Note: Ingredients From Natural Resources)

Penjelasan Ingredients Azarine Acne Gentle Foam

Active Ingredients

  • Aloe Barbadensis Leaf Extract
  • Hamamelis Virginia Leaf Extract
  • Citrus Limon (lemon) fruit extract
  • Salicylic Acid
  • Rheum Palmatum Root Extract
  • Allantoin
  • Honey (mel)
  • Portulaca Oleracea Extract

Dan ternyata betul, ada ekstrak krokotnya, Gaes🤭
Memang sudah ciri khas azarine yah, doi banyak menggunakan plant ekstract sebagai bahan aktifnya: lidah buaya, witch hazel, lemon, dan krokot (protulaca). Dimana ekstrak tanaman diatas semua berguna sekali untuk mengatasi masalah jerawat. Karena bersifat anti-inflamasi, skin-soothing, astringent, dan oil control. Bonusnya, plant ekstrak juga mengandung nutrisi lain seperti antioksidan, vitamin, dan mineral yang tentu saja baik untuk kesehatan kulit.
Oya, yang agak asing ditelinga nih, ada ekstrak akar Rhubarb cina (Rheum Palmatum Root Extract), yang merupakan sejenis tanaman hias berbunga, dan telah lama dipakai sebagai obat herbal. Kalo saya tengok di wikipedia, bentuknya mirip tanaman beet. Daunya ijo, pendek, bulet agak keriting dan batangnya merah. Tapi ini yang dipakai akarnya gaess. Manfaatnya sendiri lumayan komplit, yaitu: antimikroba, antioksidan, anti-redness, anti-inflamasi, dan anti-acne.

Nggak cuma itu saja, Azarine ini juga dilengkapi BHA (salysilic acid) yang merupakan ingredients superstar dalam mengatasi masalah jerawat, bruntusan, komedo, dan wajah berminyak. Sebab, salycilic acid selain berfungsi sebagai antibakteri juga merupakan agen eksfoliator yang dapat mengikis sel kulit mati dan memicu cell-turnover (pergantian sel kulit), dan juga merupakan oil-control yang baik.

Ada allantoin juga. Fungsi utamanya adalah sebagai skin-soothing alias meredakan gejala kemerah-merahan, bengkak, dan gatal pada jerawat. Juga mempercepat pemulihan luka.

Satu lagi. Honey. Yups, madu adalah bahan penting jika kita bikin DIY masker, hehe. Manfaatnya banyak banget: mulai dari antibakteri, oil-control, mencegah kulit kusam, melembapkan, dan menutrisi kulit, sehingga nggak akan komplit bikin DIY masker kalo nggak pake madu. Nah, Azarine ini tahu banget manfaat madu untuk kulit berjerawat.👍👍👍

Lalu bagaimana dengan ingredients pelengkapnya?

Aqua,
Disodium Laureth Sulfosuccinate, Cocoamidopropyl Betaine,
Propanediol,
Glycerin,
Polyacrylate Crosspolymer-6,
Alcohol,
Chlorphenesin,
citric acid
fragrance.

Disodium Laureth Sulfosuccinate. Tidak seperti kebayakan sabun wajah yang seringnya menggunakan NaOH (sodium hydroxide), SLES, atau bahkan SLS. Azarine ini menggunakan surfaktan DLS (Disodium Laureth Sulfosuccinate)

Jika SLS/SLES merupakan jenis sulfat dengan ukuran molekul kecil sehingga bisa meresap ke dalam kulit dan memicu iritasi. Namun, DLS sendiri bukan sejenis sulfat. Produk yang menggunakan DLS sering dikenali sebagai produk yang bebas sulfat (sulfat free). Jadi surfaktan jenis DLS ini dianggap lebih mild, gentle, dan aman. Dapat menghasilkan busa tanpa mengiritasi, sebab ukuran molekulnya lebih besar sehingga tidak meresap ke dalam kulit dan merusak membran mukosa. Dikatakan juga bahwa DLS ini sesuai untuk kulit sensitif dan exim.

Cocoamidopropyl Betaine (CAPB).
Adalah jenis surfaktan, lebih populer disebut foam-booster (pemicu busa banyak). Merupakan senyawa organik turunan dari minyak kelapa. Doi populer karena sifatnya yang juga 'mild' dan 'gentle'.

Propanediol.
Adalah bahan alternatif yang lebih alami pengganti propylene glycol. Tau propilen glikol kan? doi sering banget muncul di ingredients skincare kalian. Fungsinya sebagai pelarut, pengencer atau anti beku. Karena terbuat dari turunan minyak bumi, propilen glycol ini sering dituduh macem-macem, padahal kata CIR expert (cosmetic ingredients review) aman-aman saja. Nah, propanediol ini fungsinya sama dengan propilen glycol, cuma dia terbuat dari bahan organik, sehingga tentu jauh lebih ramah kulit dan lingkungan.

Glyserine.
Kalo ini mah, udah paham pasti. semua skincare ada.🤭

Polyacrylate Crosspolymer-6.
Fungsinya sebagai bahan pengental, Gaess. Kan nggak asik kalo sabun muka kita terlalu encer, di tuang dikit keluarnya banyak😂. Nah, kalo dikasih pengental gini kan enak, nggak mbleber dan boros.🤭

Alkohol.
Hmm...lumayan bikin parno ya, apalagi kalo kulitnya sensian.
Fungsi alkohol ini banyak sebenarnya. Saya sudah sering bahas juga. Intinya, kalo kulit kalian berminyak, jerawatan, tapi nggak over sensitif, saya pikir nggak masalah. Bahkan malah cocok, karena alkohol bersifat antibakteri dan astringent. Lagipula, doi nggak akan "stay" lama di kulit, numpang lewat aja, nggak nyampe 1 menit udah dibilas.

Citric acid.
Ini merupakan kabar baik. Kenapa? biasanya kalo surfaktan/sabun itu basa kan, ya? pH terlalu basa nggak baik buat kesejahteraan kulit. Mangkanya, harus di-seimbang-in pake asam, biar nggak basa-basa amat. Syukur-syukur bisa netral atau malah low pH sekalian, biar cucok juga sama pH kulit kita.👍

Pengawet.
Chlorphenesin. Seperti biasa, pengawet adalah bahan penunjang yang sangat penting dan tidak boleh diabaikan. Coba bayangkan skincare kita tanpa pengawet, bukanya bikin wajah sehat malah ketumpuk sama bakteri.🙈
Dan, Jangan buru-buru parno sama pengawet. Yang penting sudah BPoM dan pastikan kulit kita nggak alergi sama pengawet.


Kesimpulan

✔️Tidak menggunakan SLS/ sulfat free. Sehingga busanya lebih mild dan gentle.

✔️Banyak mengandung plant extract yang berfungsi sebagi skin-soothing dan anti-inflamasi

✔️Rata-rata ingredients-nya berasal dari bahan alami.

✔️Mengandung BHA yang bersifat antibakteri, mengontrol minyak, dan mengikis sel kulit mati.

✔️Mengandung Citric acid sebagai pH balance.

✔️Harganya terjangkau, 35 ribuan saja, Gaess

❗Mengandung alkohol

❗Mengandung ekstrak lemon. Menurut paula's choice, ekstrak lemon bagi sebagian orang, dapat memicu sensitivitas kulit. 

✔️Beli produk ORI dimana? Di Official store


33 comments

  1. Apakah ini cocok untuk semua kulit khususnya cowo ?
    1. iya,,yang penting nggak sensitif sama alkohol dan lemon..
  2. Kalo ph nya kira kira brapa ya kak?
    1. waduh. kalo pH pastinya tidak dijelaskan sama produsen-nya sih. Kalo pingin tahu ya di cek sendiri pake kertas lakmus.

      tapi klo pH balance biasanya 7 atau mendekati pH kulit.😊
  3. Ka cek ingredients Garnier bright complete 3 in 1 anti acne dong
  4. kak saran face wash sama moisturizer yang bagus buat kulit bruntusan di dahi apa ya?
  5. Halo kak, sabun wajahnya ini apa boleh diapakai sama Scarlett acne toner, Azarine oil free brightening & Azarine sunscreen? Dan apakah ada bahan yang tidak berfungsi jika saya memakai rangkaian ini?
  6. Iya, bisa saja kok...digabung-gabung...
  7. halo kak, apakah aman untuk ibu hamil?
  8. Iya insha Allah aman^^
  9. Apa ini fungal acne safe kak?
  10. Iya fungal acne safe...
  11. Kak, abis cuci muka pake azarine yg ini, terus pake tonernya Simple, essence Cosrx snail, terus pake Somethinc AHA BHA PHA Peeling solution.

    Gimana tuh? Gapapa?
  12. Iya harusnya gpp...^^

    Peelingnya 2-3x seminggu kan?
  13. Kak, setau aku kan AHA BHA gak boleh dicampur sama niacinamide, jadi setelah pakai face wash ini, pakai moisturizer azarine oil free yg ada niacinamide nya boleh kak? Karena brand nya jg ngerekomendasiin gitu
  14. Iya boleh kok...☺️
  15. Kak rekomendasi in face wash fungal acne safe donk kak aku bingung .oh ya kak kenapa kalo habis make face wash tu kayak ada komedo putih nya ?atau karena gak cocok?soalnya aku cuman make face wash doank belum nemuin basic skincare makanya aku mau ganti face wash, terimakasih.
  16. Dear me beauty skin barrier gel cleanser, Bioaqua 7x ceramide facial wash,
    Cetaphil Gentle Cleanser formula baru
    Zoya Sarae cica Complex Hydrating gel cleanser

    Belum tentu nggak cocok...

    bisa jadi karena belum pakai basic skincare ...dan belum exfo juga ...
  17. Comedogenik ngk kk?
  18. Tidak mengandung bahan komedogenik kok😉
  19. Kak rekomemdasi face wash murce buat kulit sensitif donk
  20. Buat kulit sensitif cari yang low pH dan non sulfate. Contoh
    1. Zoya sarae Cica Complex Hydrating face wash (hijau) atau yang Whip (Orange), Dua-duanya aman.
    2. Madam Gie skin Radiance Spotless Facial wash
    3.hadalabo gokujyun ultimate moisturizing Face wash
    4. Bright diary low pH ceramic gentle gel cleanser
    5. Dear me beauty skin barrier face gel cleanser
  21. Kak pls bantu jawab, kalo abis pake ini boleh pake serum retinol pratista ga? Trs ditutup sama moisturizer azarine juga?
  22. Oiya, harusnya aman, karena ini produk bilas, gentle dan aman digunakan tiap hari...
    Dan selama kulit nya tetep nyaman😉
  23. Hai kak, izin tanya
    Aku sudah pakai produk ini berbulan² dan akhir² ini wajahku terasa kering dan ketarik. Niatnya mau ganti facial wash. Menurut kamu bagaimana kak? Dan kalau ganti, apa ada recommend dari kakak?
    Terima kasih
  24. Apakah sudah diimbangi dengan Moisturizer?

    Kalo begitu pilih FW yang low pH, non soap, non SLS, non Alcohol...
    Banyak contoh produk nya
    Di search aja di blog ini lewat kaca pembesar di pojok kanan atas
    pakai kata kunci low pH cleanser..
    Semoga ketemu😉
  25. Untuk moisturizer sudah kak. Baik, nanti aku cari. Thank you kak^^
  26. Ka, kl setelah cuci muka pakai ini, trus dilanjut pakai peeling serum dari azarine jg/the originote ap boleh?
  27. Kalo mau cari aman mending jangan sih,
    Soalnya salicylic acid di azarine sudah 2%...kecuali kalo kulit nya emang bener2 kebal atau tahan banting...
  28. boleh gak siy kak, fw ini dipakai tipkul kering, bruntusan, jerawat on off?
  29. Boleh-boleh saja,
    Tipe kulit kering itu yang penting dikencengin Moisturizer nya
  30. kak mau tanya kalau tipkul sensitif, berjerawat, berminyak pakai ini bisa ngga ya kak? kan produk bilas apa kemungkinan bisa iritasi krn ada alkohol&lemon?
  31. Bisa saja...
    Yang penting diimbangi dengan Moisturizer yang cukup, untuk meminimalisir efek samping yang mungkin ditimbulkan
DESCLAIMER: Saya bukan dokter, tapi seorang Skincare-Anthusiast yang telah lama mempelajari tentang kandungan skincare melalui jurnal dan berbagai sumber lain nya. Saya juga pernah mempunyai masalah kulit seperti: acne prone, oily, komedo, PIH, PIE, dermatitis atopik, alergi, sensitized, etc. Kondisi kulit saat ini: combination-to-dry, pori-pori besar, prone to eczema.

Semoga Skincapedia bisa membantu teman-teman dalam mencari referensi skincare 🙏
Developed by Jago Desain