Penjelasan Ingredients Wardah Lightening Night Cream Versi baru

Wardah lightening night Cream versi baru hadir dengan inovasi blue-light Protection yang dapat melindungi kulit dari "ancaman" sinar gadget,

Wardah lightening series ini termasuk salah satu best seller product dari Wardah. Bulan Juli lalu Wardah mengeluarkan lightening series versi terbaru dengan teknologi yang lebih advance. Yaitu blue-light Protection dan advance niacinamide yang nggak hanya melindungi kulit dari sinar biru 'gadget' tetapi juga mencerahkanya. Tau banget nih Wardah, kita emang nggak bisa lepas dari benda satu itu,,hihi.

Tapi, saya ingin membahas night Cream nya dulu yes. Sebut saja Wardah Lightening Night Cream.

Wardah Lightening Night Cream versi lama vs. versi baru


Nah, perbedaan versi lama dan versi baru ini nggak cuma pada kemasanya saja tapi juga Ingredients nya, ada improvisasi nya gitu. Yang kemasan lama, night Cream dari seri lightening ini ada dua step (2 tube). Yang versi baru cukup 1 tube saja, lebih praktis dan hemat tentunya. Kemasanya juga lebih kece dan nice banget, kombinasi warna biru dan putih yang.... ehmmm...sulit untuk diabaikan.

Wardah lightening night Cream ini diklaim memilki tekstur yang agak rich, namun tetap terasa ringan dan mudah meresap ke kulit. Diperkaya dengan advance niacinamide dan kandungan Licorice extractnya mampu melembapkan, melindungi dan menutrisi kulit di malam hari. Selain itu, juga diperkaya dengan AHA dan plant extract yang lumayan Lo,,
Baiklah kalo kalian penasaran dengan Ingredients-nya,,,yuk langsung cuss saja...

Ingredients:

Aqua, glycolic Acid, niacinamide, glycerin, Butylene Glycol, triethanolamine, octamethylcyclotetrasiloxane, Glyceryl Stearate, aluminum starch octenylsuccinate, cetyl alcohol, dimethicone, Stearyl alcohol, cyclopentasiloxane, polysarbate 60, stearic Acid, PEG-100 stearate, decamethyl cyclopentasiloxane, phenoxyethanol, Fragrance, dimethicone crospolymer, titanium dioxide, chlorphenesin, allantoin, Tocopheryl Acetate, menthol, dimethicone/vinyl dimethicone Crospolymer, isopropyl titanium triisosterate, dimethiconol, arbutin, citric acid, sodium sulfite, Propylene Glycol, ulva lactuca Extract, acetyl tyrosine, saxifraga sarmentosa extract, paeonia suffruticosa root extract, Carbomer, glutathione, Polysorbate 20, potassium Sorbate, sodium benzoate, glycirrhiza Glabra (Licorice) root extract, palmitoyl pentapeptide-4.


Penjelasan Ingredients Wardah Lightening Night Cream

Active Ingredients

glycolic Acid

Merupakan AHA yang paling populer, yang berfungsi mengikis lapisan kulit mati dan memicu cell-turnover (pergantian sel kulit) sehingga akan memberi efek wajah cerah dan terhindar dari kulit kusam, komedo, dan bruntusan. Pada konsentrasi tertentu dapat bersifat anti-aging . Kandungan glycolic acid-nya juga gmnggak main-main lo. Ada di urutan ke dua, gaeesss...

niacinamide.

 Nah ini ni. Kalo saya cari Cream, yang pertama kali buat bahan pertimbangan tentu saja kandungan niacinamide, apalagi doi di urutan ke 3. Sebab, doi adalah Ingredients superstar yang manfaatnya banyak bett, buat kulit. Dan saya sudah sering membahasnya di blog, karena memang rata-rata skincare ada kandungan Vit B 3 ini. Singkatnya yaitu: 

  • Mencerahkan. 
  • Melembapkan.
  •  Cell-comunicator. 
  • Memicu sintesis ceramide sehingga menguatkan skin-barrier (lapisan pelindung kulit) agar kulit jadi tahan banting dan nggak sensian. 
  • Juga memiliki aktivitas anti aging dan anti acne.
  •  Sangat baik untuk kulit sensitif. 
  • Keren nggak sih?

allantoin

Merupakan senyawa unik yang secara alamiah dapat ditemukan pada tumbuhan, hewan maupun mikroba, termasuk yeast/ragi jamur. Juga dapat diperoleh dari ekstrak tanaman comfey. Senyawa ini berfungsi sebagai penenang kulit dan merangsang pembentukan sel kulit baru sehingga mempercepat kesembuhan luka.

Tocopheryl Acetate

VIT E. Merupakan antioksidan dan skin Moisturizer.

arbutin.

 Senyawa yang ditemukan pada buah bear berry. Merupakan agen pencerah kulit yang sangat baik dan tanpa efek samping.

glutathione.

 Sejenis asam amino yang juga diproduksi oleh kulit. Gluthatione ini sempat viral beberapa waktu belakangan. Karena sifatnya yang identik dengan kulit, Gluthatione ini digadang-gadang memiliki efek anti aging, mengembalikan elastisitas dan vitalitas kulit juga tanpa efek samping.

palmitoyl pentapeptide-4

Ini juga sejenis asam amino, yang merupakan skin-identical Ingredient.  Fungsi nya tak jauh-jauh dari skin-restore yaitu mengembalikan kekencangan, keelastisan dan kesehatan kulit. Sayangnya letaknya di akhir-akhir yah...hmmm

Ada 4 plant ekstrak-nya.

  • 1). ulva lactuca Extract. Ekstrak ganggang hijau. Berfungsi sebagai antioksidan. Skin-soothing dan mengembalikan kelembapan kulit.
  • 2). saxifraga sarmentosa extract. Berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Serta memiliki efek astringent yang dapat meringkas dan mengencangkan pori..
  • 3). paeonia suffruticosa root extract. Ekstrak akar bunga paeonia, menurut pengobatan tradisional China, bunga paeonia suffruticosa adalah rajanya bunga. Memiliki antioksidan tinggi serupa vitamin E, yang mencegah kerusakan DNA akibat free radikal juga mencerahkan kulit.
  • 4). glycirrhiza Glabra (Licorice) root extract.Jadi ekstrak akar manis ini memiliki beberapa sifat mejik diantaranya: Bersifat anti-inflamasi sehingga baik untuk menenangkan kulit yang kering dan iritasi. Kaya akan Antioksidan. Pencerah alami kulit yang aman dan lebih efektif dari hydroquinone.

Ingredients Pelengkap

Saya hanya akan membahas beberapa Ingredients yang 'eye cacthing' aja yah...
Misalnya:

Silikon

octamethylcyclotetrasiloxane, dimethicone, cyclopentasiloxane, decamethyl cyclopentasiloxane, dimethicone crospolymer, dimethicone/vinyl dimethicone Crospolymer, dimethiconol. Ada 8 macam silikon, 3 diantaranya silikon volatil ( yang berakhiran Siloxane). Silikon volatil ini nggak 'stay' di kulit tapi akan menguap, berfungsi agar formula mudah diratakan ke kulit. 

Sedangkan 5 diantaranya (yang ada kata dimethicone-nya) berfungsi melapisi kulit dengan tujuan: 

  • kulit terasa halus, lembut dan rata jika diraba. 
  • Menahan kelembapan di lapisan kulit. 
  • Menahan "riasan" agar tidak mudah luntur karena keringat.
  • Juga melindungi kulit dari debu dan polusi. 
  • Iyaaa...dengan adanya silikon, debu dan polusi yang akan menempel ke kulit jadi terhalang oleh silikon.

Nah, silikon itu nggak selamanya buruk ya Gaes..asalkan kita tetep rajin-rajin bersihin muka 2 kali sehari, dan sebelum tidur. Jangan lupa exfoliate dan scrub secara berkala yes.

Alkohol

Nah lo....jangan panik dulu tapi. Di sini ada 2 alkohol, tapi bukan jenis alkohol yang mengiritasi. Cetyl alkohol dan Stearyl alcohol adalah jenis lemak alkohol yang berfungsi sebagai emulsifier yaitu bahan yang membantu menyatukan minyak dan air, atau bahan larut minyak dan bahan larut air, agar tercipta formula yang baik. 

Kabar baiknya, dua alkohol ini tidak membuat kulit jadi kering, namun sebaliknya, mereka berdua bersifat emollient/melembutkan kulit.

Titanium dioxide

Titanium Dioxide atau Tio2 merupakan agen sunscreen broad spectrum tipe fisik yang dapat memantulkan UVA dan UVB dengan sangat baik. Nah, bisa jadi doi disini punya peran sebagai "blue light Protection", yang dapat melindungi pancaran sinar layar gadget. Pada dasarnya sinar matahari sendiri juga mengandung blue-light. Jika sinar matahari saja dapat dipantulkan oleh Tio2, apalagi sinar gadget.

Bahan yang memicu komedo

  • Butylene Glycol (1),
  • triethanolamine (2), 
  • glyseril stearate (2),
  • Stearic Acid (2), 
  • Stearyl alkohol (2). 
Lumayan banyak nih, tapi levelnya rendah 1-2 artinya ada kemungkinan menyumbat pori, tapi kecil. Sehingga penting untuk Double-Cleanse secara berkala.

Bahan yang memperparah kondisi fungal acne:

  • glyseril stearate, 
  • polysorbate 60, 
  • polysarbate 20, 
  • isopropyl titanium triisosterate,  
  • PEG-100 stearate

Ingat ya, "menimbulkan" dan "memperparah" itu beda ya....sekalipun mengandung bahan tersebut diatas, kalo wajah kalian nggak ada fungal acne, ya ENGGAK akan timbul fungal acne. Lain halnya jika wajah kalian sudah ada fungal acne, bisa makin parah dengan bahan diatas...gituuu....

pH adjuster.

Untuk menyeimbangkan pH formula produk. Triethanolamine (basa) dan citric acid (asam). Nah, biasanya cream/toner dengan kandungan asam yang tinggi, sebut saja AHA (glycolic Acid)  ada kemungkinan timbul reaksi purging.

Kabar baiknya, disini ada pH adjuster yang bisa menyeimbangkan kadar pH, sehingga bisa meminimalisir reaksi purging. 

Tapi kabar buruknya, sifat exfoliasi yang dimiliki glycolic Acid akan berkurang karena doi hanya bekerja pada kadar pH yang asam. 

Preservatives.

Yang versi lama memakai Paraben. Sebagai penggantinya, Wardah lightening night cream versi baru ini menggunakan Phenoxyethanol, chlorphenesin, potassium Sorbate, dan sodium benzoate.

Parfume dan menthol. 

Biasa dihindari kulit yang sensi dan rewelan.


Kesimpulan

Reaksi bisa saja berbeda-beda tergantung individu karena kondisi kulit kita itu unik. Dan reaksi juga dipengaruhi oleh formula dari keseluruhan Ingredients nya. Kalo nggak nyoba sendiri nggak akan tau cocok apa nggak...hehehe

Sekian. Terimakasih sudah berkunjung🙏🙏🙏

Dapatkan produk ORI di Official store


9 comments

  1. Night cream ini bisa digunakan sebagai day cream juga gak
    1. kalo buat day cream sebenarnya bisa aja, tapi dia nggak dilengkapi dengan agen sunscreen..
      jadi klo cream ini dipake buat day cream sebaiknya di layer sunscreen...

      Lagipula, kenapa nggak pake yang Day Cream nya sekalian buat siang hari? dia udah SPF 30 PA +++, jadi malah udah lengkap dan praktis buat dipake di siang hari😊
      Tekstur nya ringan juga kok👍👍👍
  2. Apakah night cream ini aman digunakan untuk ibu hamil dan ibu menyusui?
  3. Apakah aman untuk ibu hamil dan menyusui?
  4. Insya Allah aman bun
  5. Min, itu kan ingredient yang versi lama, coba deh cek lagi..
  6. Oke,,,coba nanti syncek lagi☺️
  7. Assalamualaikum kak
    Mau ngasih tau itu ingredientsnya salah kak!
    Mungkin itu yg versi lama kali ya.😅
    Soalnya kalau yang sekarang ingredientsnya ini 👇

    "Aqua, Isononyl Isononanoate, Niacinamide, Polymethyl Methacrylate, Propylene Glycol, Cetyl Alcohol, Dimethicone, Glyceryl Stearate, Stearic Acid, Butylene Glycol, Phenoxyethanol, Polyacrylamide, PEG-100 Stearate, Cyclopentasiloxane, Polymethylsilsesquioxane, C13-14 Isoparaffin, Allantoin, Tocopheryl Acetate, Laureth-7, Disodium EDTA, Ethylhexylglycerin, Fragrance, Dimethicone/​Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Arbutin, Citric Acid, Sodium Sulfite, Acetyl Tyrosine, Saxifraga Sarmentosa Extract, Paeonia Suffruticosa Root Extract, Aminopropyl Ascorbyl Phosphate, Scutellaria Baicalensis Root Extract, Glutathione, Glycyrrhiza Glabra (Licorice) Root Extract"

    Sekian dan makasih 😊🙏
  8. Kok ini beda ya ingredientsnya sama punyaku? Jadi bingung aku 😭
DESCLAIMER: Saya bukan dokter, tapi seorang Skincare-Anthusiast yang telah lama mempelajari tentang kandungan skincare melalui jurnal dan berbagai sumber lain nya. Saya juga pernah mempunyai masalah kulit seperti: acne prone, oily, komedo, PIH, PIE, dermatitis atopik, alergi, sensitized, etc. Kondisi kulit saat ini: combination-to-dry, pori-pori besar, prone to eczema.

Semoga Skincapedia bisa membantu teman-teman dalam mencari referensi skincare 🙏
Developed by Jago Desain