Wardah Witch Hazel Purifying Serum [Ingredients Lengkap]

Wardah Witch Hazel Purifying Serum Tidak mengandung bahan yang neko-neko, cukup ringan untuk kulit yang sensian. Cocok untuk remaja maupun

Kenapa saya ingin membahas Wardah Witch Hazel Purifying Serum?
Setahu saya, Wardah adalah satu-satunya brand lokal yang variant serumnya banyak. Target konsumen nya juga luas. Tak terkecuali serum Wardah yang satu ini, di targetkan untuk kulit normal-to-oily. Tidak mengandung bahan yang neko-neko, cukup ringan juga untuk kulit yang sensian.  Cocok untuk remaja maupun dewasa yang kulitnya butuh hydrasi dan 'ketenangan'. #Ah elah...udah kek jiwa aja, butuh ketenangan

Iya, soalnya Extract witch Hazel itu fungsinya untuk menenangkan kulit/ skin-soothing, jadi apa istilahnya kalo bukan 'ketenangan'??!!😂.
FYI. Nggak cuma pikiran, Kulit juga bisa stress, mangkanya doi juga butuh di-tenang-in.xixixixi

Jika masalah kulit kalian adalah kulit yang stress, iritasi, berminyak, pori-pori besar, jerawat meradang, kering, kusam, gatal. Mungkin serum ini bisa jadi solusi buat kalian...

Wardah Witch Hazel Serum. Foto by Maulidajihan FD Member

Serum ini cukup unyu-unyu juga kemasanya. Belinya rombongan 5 botol mungil ukuran 5ml, and very travel-friendly. Pas banget bagi yang suka travel-travel. Harganya terjangkau sekali, yang pasti cocok untuk kantong pelajar👍👍👍

Tapi sebelum itu kalo masih belum yakin, bisa cek Ingredients di blog saya yang sederhana ini. Siapa tahu rasa penasaran kalian bisa terobati, 🙏

Yuk cusss


Ingredients:

Aqua, glycerin, Butylene Glycol, propylene Glycol, ulva lactuca Extract, ammonium acryloyl dimethylturate/vp copolymer, phenoxyethanol, peg-40 Hydrogenated Castor oil, Trideceth-9, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Tocopheryl Acetate, triethylene Glycol, Fragrance, sodium Hyaluronate, triethanolamine, polysarbate 20, potassium Sorbate, sodium benzoate, hamamelis virginiana leaf Extract.


Penjelasan Ingredients Wardah Witch Hazel Purifying Serum

Active Ingredients

ulva lactuca Extract. Ekstrak Seaweed/ganggang hijau. Berfungsi sebagai antioksidan. Skin-soothing dan mengembalikan kelembapan kulit

Aloe Barbadensis Leaf Extract. Antioksidan. Kaya akan vitamin E, skin-Moisturizing, Menyejukan dan melindungi kulit. Juga mengontrol sebum.

Tocopheryl Acetate. VIT E. Antioksidan. Skin-moisturizing. 

sodium Hyaluronate. Jenis Hyaluronic Acid tapi dalam bentuk garam, sehingga lebih mudah diformulasikan juga lebih mudah meresap ke dalam kulit. Bersifat seperti sponge yang menyerap kelembapan di udara sekitar lalu menahanya. Merupakan bahan yang bersifat skin-identical, karena juga diproduksi oleh kulit. Sehingga Ingredients ini cenderung cocok untuk semua jenis kulit, terutama kulit dehidrasi/kering dan sensitif.

hamamelis virginiana leaf Extract. Ekstrak Witch Hazel. Memiliki sifat skin-soothing, anti-inflamasi, menenangkan kulit jerawat, iritasi, gatal, kering dan kemerahan. Juga merupakan astringent yang dapat meringkas pori dan mengontrol sebum.


Ingredients Pelengkap

glycerin. Ingredients pelengkap yang sering nongol di manapun skincare berada. Doi adalah superstar dan bersifat skin-identical. Mari kita kenalan lagi sama fungsinya:

  • Moisturizer yang secara alami hadir di kulit kita. 
  • Bahan yang sangat umum digunakan, efektif dan murah. 
  • Menjaga lipid kulit dalam keadaan terhidrasi sehingga melindungi kulit dari iritasi dan membantu mengembalikan fungsi skin-barrier.
  •  Dalam konsentrasi tertentu mampu memperbaiki kulit yang kering parah.

Butylene Glycol. Ingredients ini juga sering muncul di dalam produk skincare, entah itu serum, toner, sunscreen, atau night/day Cream, karena memang Ingredients ini fungsinya banyak, sebut saja: sebagai pelarut. Membantu formula agar cepat dan mudah meresap ke dalam kulit (penetration Enhancer). Membuat formula produk mudah diratakan (slip agent) dan mengikat kadar air di lapisan kulit (humectant).

propylene Glycol.
Masih saudaaran dengan Butylene glycol. Membantu formula produk cepat meresap ke dalam kulit. Mencegah formula membeku dan mengempal. Terbuat dari turunan minyak bumi, walopun demikian ahli toxologi sepakat doi aman digunakan.

ammonium acryloyl dimethylturate/vp copolymer. Sejenis polimer yang umum digunakan untuk agen pengental (viscosity Controller). Menciptakan formula yang lembut dan mudah diratakan jika dioles ke kulit dan tidak menimbulkan kesan sticky/lengket. Konsentrasinya berkisar 0,5-1,2% saja.

peg-40 Hydrogenated Castor oil. Sebagai emulsifier. Yang berfungsi meningkatkan kelarutan minyak dan bahan larut minyak dalam formula water-based.

Trideceth-9. Emulsifier

Triethylene Glycol. Fungsinya mirip dengan Butylene Glycol.

Fragrance. Biasa dihindari kulit sensitif.

triethanolamine. pH adjuster. Bersifat basa.

polysarbate 20. Emulsifier. Juga membantu melarutkan Ingredients lain dalam formula.

Preservatives. Phenoxythanol, potassium Sorbate, sodium benzoate.


Kesimpulan

Selain bahan aktifnya, bahan pelengkapnya juga ada yang memiliki fungsi  baik untuk kulit kering. Jadi walopun serum ini memang dikhususkan untuk kulit normal-to-oily, bukan berarti kulit kering nggak boleh pake. Kalo dilihat dari Ingredients di atas, secara teori serum ini juga cocok untuk kulit kering.

Ada bahan peg-40 Hydrogenated Castor oil dan Polysorbate 20, yang bisa memperparah fungal acne, karena bahan tersebut mengandung asam lemak yang disukai jamur malassezia.

Namun, nggak usah terlalu parno seandainya jerawat kalian bukan termasuk fungal.

Adapun ciri-ciri Fungal acne itu umumnya kecil-kecil bergerombol di satu area, yang lembap, sering keluar keringat dan berminyak. FYI, fungal acne nggak cuma muncul di wajah, namun bisa di anggota tubuh lain. Kemerahan, bruntusan kecil-kecil dan rasanya gatal.

Jika kalian mencurigai adanya fungal acne, sebaiknya segera obati dengan obat anti jamur. Karena jamur biasanya cepet sekali berkembang dan menyebar ke anggota tubuh lain, nggak peduli itu wajah, dada, punggung, selangkangan.😂

Akhir kata. Reaksi tergantung dari kondisi kulit masing-masing. Kata orang nggak cocok, belum tentu kamu juga nggak cocok. Kita baru akan tahu kalo sudah mencobanya sendiri.

Wardah Witch Hazel Purifying Serum

5ml x 5

IDR. 45k

Post a Comment

DESCLAIMER: Saya bukan dokter, tapi seorang Skincare-Anthusiast yang telah lama mempelajari tentang kandungan skincare melalui jurnal dan berbagai sumber lain nya. Saya juga pernah mempunyai masalah kulit seperti: acne prone, oily, komedo, PIH, PIE, dermatitis atopik, alergi, sensitized, etc. Kondisi kulit saat ini: combination-to-dry, pori-pori besar, prone to eczema.

Semoga Skincapedia bisa membantu teman-teman dalam mencari referensi skincare 🙏
Developed by Jago Desain