Mengulas Ingredients Senka Perfect Whip

Senka Perfect Whip tidak mengandung SLS melainkan soda api. Busa yang dihasilkan soda api dinilai lebih lembut dan tidak mengiritasi daripada SLS

Assalamualaikum wr wb

Haiii...how are you today?  I hope you're always in a good mood when visiting my blog...😘
Kali ini saya ingin mengulas sabun muka no. 1 di Jepang, apalagi kalo bukan senka Perfect whip. Saya tahunya produk ini, karena kebetulan ada sodara saya yang pake, trus brosing-brosing Gugel. Ternyata doi ini sudah lama hype di Indonesia... Trus saya penasaran dong, se-hype apa sih doi?

Yaah .. tentu saja rasa penasaran saya itu tertuju pada Ingredients-nya, apa sih yang membuat senka Perfect whip ini begitu menarik..baru nanti setelah mengetahui Ingredients-nya one-by-one, dan yakin kalo nggak ada kandungan bermasalah, bolehlah move-on dari mantan sabun muka lama...

Senka perfect whip. Foto by Jenktia FD member


Dan ternyata senka ini varianya banyak, ada 6 dengan spesifikasi yang berbeda:

  1. Senka Perfect Whip (untuk semua jenis kulit)
  2. Senka Perfect Whip Fresh - Anti Shine (untuk kulit berminyak dan kombinasi)
  3. Senka Perfect Whip White (kulit normal-kering, dan mencerahkan)
  4. Senka Perfect Whip White Clay (untuk kulit kusam )
  5. Senka Perfect Whip Acne Care (kulit berjerawat)
  6. Senka Perfect Whip Collagen In (untuk kulit kering dan sangat kering)

Tapi saya ingin membahas yang no.1 aja dulu, karena doi tentu target konsumenya lebih luas di antara 5 variant senka yang lain.

Oya. Keunggulan Senka Perfect Whip ini konon memiliki busa 5x lipat lebih banyak, dengan tekstur foam yang padat tapi lembut. Dan kabar gembiranya lagi doi tidak meninggalkan kesan kering di wajah, sebab senka Perfect whip diperkaya dengan double Hyaluronic Acid dan protein sutera Sehingga wajah bersih maksimal namun tetep lembap.

Yuk..cekidot ya...

Penjelasan Ingredients Senka Perfect Whip

Key Ingredients

sodium Hyaluronate.

Jenis HA (Hyaluronic Acid) yang paling sering dijumpai dalam skincare. Berbentuk garam, lebih stabil, lebih mudah diformulasikan dan mudah meresap ke kulit.

sodium acetylated Hyaluronate.

Jenis HA yang molekulnya telah dimodifikasi sehingga memiliki kemampuan melembapkan dengan daya tahan lebih lama dari HA biasa.

Sericin.

Adalah salah satu protein yang terdapat pada sutera dengan prosentase 20-30%. Sericin sendiri terdiri dari 18 asam amino yang berbeda. Dan asam amino ini memiliki efek skin-restore yang kuat, yaitu: mengembalikan elastisitas dan vitalitas kulit, juga memberi perlindungan yang tinggi sebagai pelembap.

hydrolized silk.

Protein yang diperoleh dari sutera. Dan merupakan bahan yang highly compatible dengan kulit manusia sebab memiliki asam amino yang sama dengan struktur molekul yang mirip satu-sama lain. Sehingga bahan ini mudah meresap ke dalam kulit, memiliki kemampuan menahan kelembapan, dan mempromosikan proses peremajaan kulit.

Lauric Acid.

Senyawa yang biasa ditemukan pada santan kelapa. Bersifat Moisturizing juga merupakan anti bakteri dan anti-acne.


Ingredients Pelengkap

Solvent/pelarut. Aqua, glyserine, peg-8, Butylene Glycol,

Surfactant. Sudah pasti jika sabun cuci muka mengandung surfactant a.k.a agen pembusa/pembersih yang berfungsi mengangkat kotoran dan minyak. Apa saja bahanya? myristic Acid, potassium hydroxide, Lauric Acid.

Skin-conditioning yang bersifat emollient, humectant, Moisturizer: stearic Acid, peg-8, myristic Acid, glyserine, Butylene Glycol,peg/, Glyceryl Stearate se, Polyquaternium-7, ppg-14/7 dimethyl ether, Lauric acid.

Emulsifier. Glyceryl Stearate se, Lauric Acid.

Viscosity Controller. stearic Acid. Polyquaternium-7. Merupakan senyawa yang biasanya digunakan pada produk sampo, hair conditioner, sabun, gel, dan deodoran. Produk ini umumnya dianggap aman.

Chelating agen. Disodium Edta. Tugasnya mengikat ion logam lalu me-non-aktif-kan-nya sehingga mencegah perubahan pH, bau dan tekstur formula.

pH adjuster. Citric acid.

Preservatives. sodium benzoate, sodium Metabisulfite, potassium Sorbate.


Kabar gembira:

1). Memiliki 4 bahan aktif yang semuanya bersifat skin-identical. Yaitu bahan yang struktur molekulnya mirip dengan struktur sel kulit manusia. Dengan demikian, kandungan tersebut dapat memberi manfaat maksimal tanpa efek samping, cocok untuk semua jenis kulit dan aman untuk kulit sensitif.

2). Tidak mengandung SLS ataupun SLES. Namun, memakai Soda Api ( Potassium Hydroxide). SLS itu agen pembusa siap pakai/instan. Sedangkan soda api mengubah minyak/atau lemak menjadi sabun melalui proses saponifikasi. Tau sendiri kan, yang instan2 cenderung kurang baik.

Walaupun sama-sama basa, namun busa dari soda api dinilai lebih lembut dan tidak mengiritasi jika dibanding SLS/SLES.

3). Mengandung pH balance (citric acid). Dalam sabun muka, pH balance itu sangat penting. Sebab jika sabun terlalu basa, akan merusak mantel kulit, yang menyebabkan kulit jadi kering dan mudah iritasi. 

4). Mengandung 6 Ingredients pelengkap yang terbuat dari bahan alami. Glycerin, stearic Acid, Myristic Acid, glyseril stearate se. Citric Acid, Lauric acid

Btw. Saya masih penasaran bahan yang mana dan bagaimana formulasinya sehingga bisa menciptakan foam yang banyak, padat, tapi lembut....

Wallohualam yang ngerti cuma pabriknya kalo itu...🤭😂

Kabar buruknya:

❗Masih mengandung alkohol.
Saya tidak tahu, kandungan alkohol ini termasuk kabar buruk atau bukan. Yang jelas alkohol bukanya nggak punya manfaat sama sekali. Justru doi juga punya kelebihan, sebut saja: 

  • astringent kuat yang dapat mengontrol sebum, 
  • antibakteri dan antimikroba, 
  • merupakan bahan pelarut yang baik,
  •  juga penetration Enhancer (meningkatkan daya serap formula ke kulit). 
  • Nah bisa jadi bahan aktif dalam senka Perfect whip ini bisa sempurna terserap ke kulit dengan bantuan alkohol. Who knows?

Kekurangan nya cuma satu: 

jika sering terpapar alkohol akan mengakibatkan kulit jadi kering.
Nah, sebenarnya hal ini bisa diminimalisir dengan kehadiran bahan-bahan yang bersifat skin-conditioning dalam formula yang seperti emollient, humectant, dan moisturizing Agen.

❗senka agak susah di temui di Alfamart dan toko maret-maret yang lain, atau supermarket terdekat. Entahlah kalo supermarket di kota-kota besar🤭.

Senka Perfect Whip

120gr

IDR. 45k

✔️Beli produk ORI di Official store

15 comments

  1. Soda api nya bahaya gak ya buat kulit berjerawat?
  2. Enggak kok. Soalnya dia sudah bereaksi dengan asam lemak menjadi sabun...

    Kalo soda api doang, nggak cuma kulit berjerawat,,kulit telapak tangan aja bisa ngelupas ...
  3. Kalau kelebihan dan kekurangan yang anti acne itu apa kak?
  4. Hampir sama kok. Agen surfaktan sama, ada alkohol juga. Cuma Beda bahan aktifnya aja. Kalo yang anti acne ada Salicylic acid + ekstrak kamomile.
  5. Rekomendasi micellar water buat oily+acne prone juga dong kak. Sama face wash jf sulfur kak hehehe.
    Sama itu juga kak acne spot buat jerawat dan juga buat penghilang bekasnya
  6. Waaa banyak banget😱...insyaallah deh, kalo ada kesempatan😊
  7. kak mau nanya dong itu stearic acid, myristic acid sama lauric acid itu fungal acne safe sama non comedogenic kah? Tapi dr mbah gugel" pada blg gak safe?
  8. Myristic acid, lauric acid, dll itu asam lemak semua yang comedogenic dan nggak Fungal acne safe...

    Tapi kalo dalam produk soap formula, asam lemak ini udah bereaksi dengan KOH/potassium hydroxide menjadi SOAP itu sendiri, sehingga udah nggak berwujud asam lemak lagi...

    Jadi...menurut saya, udah nggak berlaku potensi komedogenik lagi.☺️

    CMIIW 🙏

  9. Mau tanyaa, apakah cocok di kulitku yang sensitif berjerawat 😭
  10. Kalao sensitif lebih disarankan pake cleanser yang non soap formula dulu, biar kulit sensi nya terkondisikan....
  11. Bedanya soap formula sama nonsoap formula itu apa kak?
  12. Seriosly pH balance ?
    Yang aku tahu pH nya tinggi sekitar 7 (dapat info dari YouTube dan dari google)
  13. Bahkan ada artikel yang menyebutkan bahwa pH nya 8🥲
  14. Kak, klo aku pake milk cleanser viva trs fw ini trs air mawar setelah itu sunscreen azarine hydrasoothe gpp kan?
  15. Iya gpp kok, selama kulit nya merasa nyaman, dilanjut kan saja😉
DESCLAIMER: Saya bukan dokter, tapi seorang Skincare-Anthusiast yang telah lama mempelajari tentang kandungan skincare melalui jurnal dan berbagai sumber lain nya. Saya juga pernah mempunyai masalah kulit seperti: acne prone, oily, komedo, PIH, PIE, dermatitis atopik, alergi, sensitized, etc. Kondisi kulit saat ini: combination-to-dry, pori-pori besar, prone to eczema.

Semoga Skincapedia bisa membantu teman-teman dalam mencari referensi skincare 🙏
Developed by Jago Desain