Review Emina Sun Protection [+kelebihan dan kelemahan]

Sebelumnya, saya lebih dulu membahas Ingredients Emina Sun Protection SPF 30 PA+++ DI SINI. Dan saya lihat, Ingredients-nya tidak begitu masalah dengan kondisi kulit saya. Akhirnya saya memutuskan untuk beli produk ini.

Jujur, saya baru 2x menggunakan sunscreen dalam  skincare routine saya. Biasanya saya cukup pakai Moisturizer yang udah ber Spf, jadi lebih praktis dan simpel. Itu pun nggak peduli dengan nilai SPF-nya🤭. Lalu saya sadar, kalo ternyata sunscreen punya peran besar mencegah penuaan dini. Sebelumnya saya pake Wardah sunscreen gel. Sudah saya review juga.

Coba cek: Review Wardah Suncare SPF 30 PA+++

Karena si Wardah udah habis, saya move-on ke Emina Sunscreen. Ada beberapa pertimbangan kenapa saya move on.

Pertama. Karena sunscreen Emina ini diklaim memiliki tekstur yang ringan, cepat meresap, tidak lengket, bahkan katanya cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat sekalipun.

Kedua. Karena doi menggunakan agen sunscreen generasi baru yang lebih photo-stable.

Ketiga. Saya banyak membaca review juga. Dan banyak yang cocok dengan sunscreen ini.

Ke-empat. Isinya lebih banyak 60ml dan harga lebih murah yaitu 24k. Lebih murah dari wardah. Hehe. Serius. Harga juga menjadi pertimbangan saya. Sebab buat apa beli yang 'agak' mahal karena toh efek nya nggak jauh beda, ya kan.

Lagipula skincare itu bukan prioritas utama. Masih banyak kebutuhan lain yang lebih penting. Ini lebih ke prinsip sih. Maunya tetep skincare-an tapi nggak usah yang terlalu berlebihan dan 'lebay' gitu...hehe Maksudnya nggak lebay itu yang penting sudah memenuhi 3 basic perawatan kulit, yaitu: membersihkan, melembapkan, dan melindungi.

Bagaimana teksturnya?

Ehmm...menurut saya, teksturnya sekilas agak mirip Viva waterdrop sleeping mask. Berbentuk lotion encer. Ketika dioles ke wajah, Lotion ini seperti 'mencair'. Awalnya saya sempat mengira kalo wajah atau tangan saya yang masih basah. Bedanya yang ini lebih cepat meresap, dan tidak lengket dan greasy sama sekali.


Tekstur Emina Sunscreen yang cepat meresap


Bagaimana Aromanya?

Ehm..jujur, menurut hidung saya, wanginya agak aneh gimana gitu. Tapi it's okay masih bisa ditoleransi sama hidung saya. Xixixi

Bagaimana efeknya?

Langsung nyatu dengan warna kulit. Kulit jadi sedikit lebih lembap. Lebih Matte finish, kalo sunscreen Wardah masih ada glowing tipis-tipis nya.
Ditimpuk dengan day Cream pun, masih aman..👍👍.
Oya. Saya selalu pake sunscreen dulu sebelum day Cream. Alasanya?

Baca disini: Sunscreen dulu atau Moisturizer dulu?


Before-after Emina Sunscreen dokpri



Kelebihan dan Kelemahan Emina Sun Protection

Kelebihan yang dimiliki Emina Sunscreen ini adalah: 

✔️Doi menggunakan agen sunscreen generasi baru yang highyly photo-stable, yaitu Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate. Yang dapat menyerap kuat sinar UV A. Lebih stabil artinya doi tidak seperti agen sunscreen generasi lama yang berkurang keefektifanya sekian persen selama 1 jam pemakaian.

✔️Seperti klaimnya, teksturnya lumayan ringan, cepat meresap, tidak lengket dan tidak white cast.
Tidak terkesan berat walo ditimpuk dengan day Cream. Kulit tetap mengeluarkan minyak, tapi wajar saja, tidak sampai kileng-kileng.

✔️Potensi komedogenic rendah. Dimethicone (1), Butylene Glycol (1), dan triethanolamine (2). Level 1-2 artinya kecil kemungkinan menimbulkan komedo.

✔️Isi banyak, tapi harga murah meriah, cocok banget untuk budget pelajar.


Namun doi juga memiliki kelemahan:

❗Mengandung alkohol.
Saya tidak tahu, kandungan alkohol ini termasuk kelemahan atau bukan. Yang jelas alkohol di Emina Sunscreen ini punya peran penting dalam menciptakan formula yang ringan. Asal kalian tahu ya, meski banyak dihindari, alkohol bukanya nggak punya manfaat sama sekali. Justru doi juga punya kelebihan Lo, diantaranya: 

  • astringent kuat yang dapat mengontrol sebum, (lumayan buat kulit berminyak)
  • antibakteri dan antimikroba, 
  • merupakan bahan pelarut yang baik sehingga dapat menciptakan formula yang ringan, 
  • juga penetration Enhancer (meningkatkan daya serap formula ke kulit).
Kekurangan nya cuma satu: 

  • jika sering terpapar alkohol akan mengakibatkan kulit jadi kering. 

Nah, sebenarnya hal ini bisa diminimalisir dengan kehadiran bahan-bahan yang bersifat skin-conditioning dalam formula yang meliputi emollient, humectant, dan moisturizing Agent.

Dan saya lihat di Emina Sunscreen ini juga mengandung bahan-bahan tersebut, misalnya: Glyceryl Stearate, Dimethicone, Butylene Glycol, Propylene Glycol.

Apalagi di Emina Sunscreen juga ada skin-soothing nya, misalnya: panthenol (pro Vit B5) dan ekstrak lidah buaya yang berfungsi meminimalisir efek iritasi yang mungkin diakibatkan oleh Ingredients lainya.

Jadi intinya, formulasi dari keseluruhan Ingredients lah yang menentukan alkohol itu sensitizing atau tidak. Faktor seperti kondisi kulit masing-masing yang unik  dan skincare lain yang dipakai juga ikut memepengaruhi.

Lain lagi ceritanya kalo kulitnya alergi, mau diapa-apin, pake dikit ato banyak, ya tetep alergi. Kalo menunjukan gejala alergi, ya sebaiknya segera hentikan pemakaian.

❗Nggak cukup aman di pake untuk wajah ber-fungal acne. Sebab mengandung Glyceryl Stearate.
Namun, bukan lantas yang berjerawat biasa nggak boleh pake ya. Tetep boleh saja, kulit berjerawat pun tetep harus dilindungi dari radiasi sinar UV, biar bekas jerawatnya nggak semakin menggelap.

❗Mengandung Fragrance yang biasa dihindari kulit sensitive.

Kesimpulan

➡️Kalo saya pribadi, 3 kelemahan di atas tidak terlalu ngaruh buat saya. Saya sempat ragu dengan kandungan alkoholnya sih. Apalagi doi diurutan ke dua. 

Sebab saya juga mempertimbangkan Ingredients secara keseluruhan dalam formula Emina Sunscreen ini, juga rangkaian skincare lain yang saya pakai. Kalo sudah banyak mengandung emollient dan pelembap, tak pikir nggak masalah. Akhirnya saya berani icip-icip si sunscreen fenomenal ini.

Dan betul saja kandungan alkohol di emina sun protection sama sekali tidak menyebabkan kering dan iritasi, padahal kulit saya cenderung mudah kering. Alhamdulillah kulit saya bisa diajak kerjasama.🥳

➡️ Wajah saya memang mudah mengeluarkan jerawat. Tapi bukan fungal-acne jadi nggak masalah juga🥳


Repurchase? Absolutely yes!


8 comments

  1. Woow sekali
    1. Iya emang wow ini...
  2. Tapi bagusan yang Skin Buddy ya sis?
  3. Kalo menurut q, iya. Lebih unggul yang skin buddy, karena dia nggak mengandung alkohol...
    CMIIW 🙏
  4. Ini yang sekarang jadi sunbattle spf 30 kan?? Wanginya kayak autan kalau di hidung saya mah...tapi bagus kok ringan pakai 2 jari juga kadang saya pake 2.5 jari kalo mau kluar
  5. Iya betul. Lebih ringan ini daripada yang skin buddy...

    Cuman aq lagi menghindari yang ada alkohol nya dulu, akhirnya pindah ke skin buddy..
  6. Oh gitu?? Tapi di mbak heruki tetep nyaman kan terasanya yang si skin buddy ini kalo dibanding sunbattle?? Tadinya pengen nyoba juga skin buddy nya tapi ternyata lebih light si sunbattle ya?ahaha aku galau....🤭🤭🤭
  7. Iya tetep nyaman kok, di kasih bedak tabur juga udah beres, ilang kileng-kileng nya ..☺️
DESCLAIMER: Saya bukan dokter, tapi seorang Skincare-Anthusiast yang telah lama mempelajari tentang kandungan skincare melalui jurnal dan berbagai sumber lain nya. Saya juga pernah mempunyai masalah kulit seperti: acne prone, oily, komedo, PIH, PIE, dermatitis atopik, alergi, sensitized, etc. Kondisi kulit saat ini: combination-to-dry, pori-pori besar, prone to eczema.

Semoga Skincapedia bisa membantu teman-teman dalam mencari referensi skincare 🙏
Developed by Jago Desain