Review Bentonite Clay: Aztec Secret Indian Healing Clay

Dan Bentonite ini justru lebih mudah di-blend ke wajah kalo dicampur dengan asam. Kalo dengan air aja, doi cenderung menggumpal dan agak susah di....
Halooo.....
Hari ini saya ingin mereview masker Bentonite dari Astec Secret Healing Clay. Taglinenya: World'most powerful facial, Deep pore cleansing, 100% Natural Calcium Bentonite Clay.

Aztec Secret Bentonite Clay kemasan shared-in-jar. dokpri


Masker lumpur/clay memang sudah ada sejak zaman Cleopatra. Demikian juga masker Bentonite. Sebenarnya doi juga sudah lama booming. Saya sendiri sudah lama mengenal masker Bentonite dari Aztec. Dan sudah rutin pakai masker ini kurang lebih 2 tahun. 

Tapi ketika sekarang udah nggak booming lagi,  bukan lantas Bentonite Clay jadi nggak keren dan nggak bisa dipakai ya... Masker Bentonite ini akan tetap relevan sampai kapan pun, sama relevanya dengan kasus jerawat yang selalu muncul di kalangan remaja.

Oleh sebab itulah saya tetap mereview Aztec Secret Indian Healing Clay yang mana doi masih tetep juara di hati. Nggak kalah sama masker-masker pabrikan dengan berbagai merk dan spesifikasi. Hehe Siapa tahu masih ada yang butuh referensi tentang Clay mask yang bagus. Ye kan?

Lumpur Bentonite sendiri tersedia dalam berbagai warna, tergantung mineral yang terkandung didalamnya. Tapi pastikan Bentonite yang kamu beli adalah cosmetic grade ya. Dulu saya pernah coba yang warna hijau. Nggak ada merk-nya. Tapi jelas cosmetic-grade nya.

Sedangkan Bentonite dari Aztec Secret Indian Healing Clay ini merupakan 100% Calsium Bentonite yang mana mineral utama dalam Bentonite ini adalah kalsium. Warnanya sedikit krem pucat. 

Manfaatnya pun sudah kondang di dunia kecantikan terutama di kalangan pecinta DIY skincare Addict. 

Oke kita bahas satu-persatu yuk!
Mulai dari...

Apa itu lumpur Bentonite? Dan alasanya dipakai masker?

Bentonite berasal dari sisa endapan abu vulkanik dari gunung yang meletus ribuan tahun yang lalu. Doi dipakai sebagai masker sebab memiliki muatan ion negatif yang akan menarik ion positif di lapisan kulit kita. Bentonite ini bekerja seperti vacum cleaner yang menyedot kotoran, debu, bakteri, virus, jamur dan logam berat yang notabene bermuatan positif. Wah..bakalan cocok kalo dipake buat mengusir fungal acne inih👍👍

Bagaimana cara memakai masker Bentonite?

Pastikan memakai sendok plastik ya. Mengapa? Sebab Ion negatif dalam Bentonite akan bereaksi dengan logam. 
Dan Menurut saya Bentonite ini akan lebih maksimal jika dipakai dengan soulmate-nya yaitu cuka apel a.k.a Apple Cider Vinegar. Yang paling rekomended adalah merk Bragg.

Tapi, bagaimana jika tidak tahan bau cuka apel?

Bisa diganti dengan air perasan jeruk lemon/nipis yang notabene ber pH asam. Sebab  jika terkena cairan asam, partikel bentonite akan terktivasi dengan sempurna. Doi akan memuai/mengembang berkali-kali lipat. Sehingga daya hisapnya jauh lebih kuat daripada hanya dengan air.

Dan, jangan heran nanti ketika Bentonite mu dituang cuka/air lemon/nipis lalu seperti timbul gelembung-gelembung kecil seperti ini.

Bentonite Clay+cuka apel= keluar gelembung


Bentonite yang ber-pH Basa memang akan bereaksi demikian jika terkena asam.
Dan Bentonite ini justru lebih mudah di-blend ke wajah kalo dicampur dengan asam. Kalo dengan air aja, doi cenderung menggumpal dan agak susah diratakan.

Selain itu, bisa juga ditambahkan madu, minyak zaitun, atau minyak argan. Suka-suka lah, tergantung stok di rumah. Saya sendiri suka mencampurnya dengan madu dan minyak habatusauda.👍👍👍

Apakah Bentonite + ACV menimbulkan rasa perih?

Sama sekali tidak. Cairan asam yang berasal dari cuka/jeruk nipis telah dinetralkan oleh basa dari Bentonite. Sehingga tidak menimbulkan rasa perih dan panas di kulit. Sebaliknya, partikel Bentonite yang sudah mengembang tadi akan kembali kering dan menyusut. Pada saat itulah, kulit mu akan terasa makin mengencang,  senut-senut dan berdenyut-denyut seperti ada yang menyedot. 

Bagaimana cara membilasnya?

Ketika sudah mulai kering, dan maskernya sudah retak-retak, bilaslah dengan air biasa. 
Membilas masker Bentonite ini perlu sedikit perjuangan karena teksturnya yang padat, lembut dan lumer sehingga perlu beberapa kali gosok/pijat agar lumpur akhirnya luntur bersama air. 

Bagaimana efeknya?

Jangan terkejut jika setelah membilas masker Bentonite, wajah mu mulai terasa hangat agak clekit-clekit dan merah merona. Itu tandanya maskermu bekerja dengan baik, doi telah berhasil "menyedot" sehingga aliran darah dibawah kulit jadi lancar. Pastikan juga untuk memakai moisturizer seletah memakai masker ini ya. 



Masker Bentonite Clay+cuka apel bikin wajah meronaaa...unik banget.


Oya, apakah bener-bener Deep pore cleansing?
Saya merasa kulit jadi lebih bersih setelah pakai masker ini, minyak terangkat dan  komedo lebih mudah dikendalikan. 

Tapi bukanya sekarang banyak produk Clay Mask dengan bahan Bentonite?

Iya betul. Banyak brand yang mengeluarkan produk Clay mask. Dan rata-rata pake bahan Bentonite juga dan tentunya lebih praktis.  Tapi, saya masih tetep setia dengan hasil racikan sendiri. Sensasi "sedotan" yang menimbulkan kulit berdenyut-denyut itulah yang bikin nagih. 

Dan yang saya suka dari Aztec Secret Healing Mask nya ini adalah doi nyata-nyata bisa melancarkan peredaran darah di bawah lapisan kulit sampe kulit bisa "merona" gitu. Bener-bener keren sih ini...👍👍👍

Beli dimana, sih?

Kemaren saya beli Aztec Secret Indian Healing Clay ini di Tokopedia. Di Lazada, Shopee, Blibli, ada semua. Tinggal pilih yang sesuai budget. Saya beli yang kuran share in jar 50gr harganya bervariasi tergantung pelapaknya. Begitu juga dengan cuka apelnya. Layak dicoba banget ini mah, dan rasakan sensasinya...







4 comments

  1. Ya ampun aku selalu terobsesi dengan pembersihan pori nih. Mau coba ahhh.. pas bava bagian dia nyedot trus afternya clekat clekit jd mupengggg. Thx reviewnyaaa 🤩
    1. Coba aja mbak...emang ini masker unik. Susah move on saya...buat detox kulit secara berkala👍👍👍
  2. Mau pakai bareng acv tp parno, denger" ga boleh dipakai di wajah, tp kalo bareng Aztec ini gpp ya karna udh dinetralkan gitu? Apa acv nya dikasih air?��
    1. betul, udah netral.
      nggak perlu di kasih air kok.
      cuman kalo pake masker ini. jangan tunggu sampai kering sempurna. cukup setengah kering. trus bilas. Jangan lupa pake moisturizer setelah pake masker ini.
      😊
DESCLAIMER: Saya bukan dokter, tapi seorang Skincare-Anthusiast yang telah lama mempelajari tentang kandungan skincare melalui jurnal dan berbagai sumber lain nya. Saya juga pernah mempunyai masalah kulit seperti: acne prone, oily, komedo, PIH, PIE, dermatitis atopik, alergi, sensitized, etc. Kondisi kulit saat ini: combination-to-dry, pori-pori besar, prone to eczema.

Semoga Skincapedia bisa membantu teman-teman dalam mencari referensi skincare 🙏
Developed by Jago Desain