Penjelasan Ingredients Garnier Pure Active Acne & Clearing Foam

Produk Garnier varian-nya banyak sekali, termasuk sabun mukanya sendiri juga banyak varianya ...Sampe nggak hafal, apalagi saya nggak pake, secara kulitku nggak begitu berminyak dan nggak jerawatan🤭

Garnier Pure Active Anti-acne White Cleansing foam


Lah, ngapain bahas Garnier Pure Active Acne & Clearing Foam kalo sendirinya nggak pake?Iya nih. Saya mau kepo aja sama Ingredients nya. Barang kali ada pembaca yang juga kepo tentang Ingredients Garnier Pure Active Acne & Clearing Foam. Garnier Foam satu ini diformulasikan khusus untuk kulit berminyak dan berjerawat. Diklaim membantu mengatasi 12 masalah kulit yang disebabkan minyak berlebih dan jerawat sehingga tidak muncul jerawat baru.

Yuk kita kepoin sama-sama.

Ingredients

Aqua, glyserine, myristic Acid, palmitic Acid, stearic Acid, potassium hydroxide, Lauric Acid, Glyceryl distearate, Glyceryl stearate, Kaolin, perlite, PEG-14M, Cl 77492/iron oxide, Cl 74160/pigmen blue, paraffinum liquidum/mineral oil, sorbitol, Vaccinium Myrtillus Vaccinium Myrtillus fruit Extract, Propylene Glycol, salysicilic Acid, Tetrasodium Edta,  parfum/Fragrance (B45079/1)

Penjelasan Ingredients Garnier Pure Active Acne & Clearing Foam

Active Ingredients

  • Lauric Acid. Asam laurat. Merupakan jenis asam yang sering dijumpai pada santan kelapa. Doi bisa melembapkan kulit sekaligus bersifat anti mikroba. Sangat baik untuk mengatasi kulit berjerawat. Namun hati-hati jika Lauric Acid ini terdapat pada krim atau toner, karna doi juga bisa memicu komedo dan fungal acne.
  • Salycylic Acid. Atau yang sering kita kenal sebagai BHA. Manfaatnya sudah kondang diantaranya untuk mengatasi kulit berjerawat karena sifat doi sebagai eksfoliator (mengikis sel-sel kulit mati), mengontrol minyak sekaligus anti-bakteri yang dapat melawan bakteri jerawat.
  • Vaccinium Myrtillus Vaccinium Myrtillus fruit Extract. Ekstrak buah blueberry, sebagai antioksidan dan agen pencerah kulit.

Ingredients Pelengkap

Selain Ingredients active diatas Garnier pure active acne and Clearing Foam ini terdiri dari ingredients pelengkap yang fungsinya melengkapi Ingredients active agar bisa bekerja sama dengan efektif sesuai klaim-nya. Tapi saya nggak mau bahas satu-satu. Cukup yang digarisbawahi saja ya...

Solvent/pelarut

  • 1). Aqua 
  • 2). glyserine, 
  • 3). Propylene Glycol 
  • 4). Paraffinum liquidum/mineral oil

Surfactant. Agen sabun/pembersih.

  • 1).Potassium hydroxide. Masih sodaranya NaOh a.k.a Soda api. Berfungsi mengubah lemak/minyak menjadi sabun dengan busa yang lembut untuk kulit. 
  • 2). Myristic Acid. 
  • 3). Lauric Acid

Scrub

  • 1). Kaolin, sejenis lumpur berwarna putih. Juga sering dipakai dalam produk Clay Mask. 
  • 2). Pumice.

Skin-conditioning. Kondisioner kulit berfungsi melembapkan kulit (Moisturizer),melembutkan kulit (emollient) dan humectant (meningkatkan kadar air di lapisan kulit). 

  • 1). Glyserine. 
  • 2). Palmitic Acid. 
  • 3). Stearic Acid. 
  • 3). Glyceryl distearate. 
  • 4). Glyceryl stearate 
  • 5) Sorbitol. 
  • 6). Paraffinum liquidum/mineral oil. 
  • 7). Glyseril distearate

Emulsifier/pengemulsi

  • 1). Myristic Acid. 
  • 2). Palmitic Acid.
  • 3). Lauric Acid. 
  • 4). Glyceryl stearate

Viscosity Controller. Mengontrol kekentalan formula produk

  • 1). PEG-14M. 
  • 2). Stearic Acid. 
  • 3). Ethylcellulose

Stabilizer. Tetrasodium Edta. Mencegah terjadinya perubahan pH, bau, dan tekstur produk.

Preservatives. Phenoxyethanol.

Colorant. Cl 77492/iron oxide, Cl 74160/pigmen blue

Kesimpulan

✔️Alkohol free
✔️Mengandung agen anti jerawat dan oil-control (salicylic Acid).

✔️Tidak membuat wajah kering. Karena bahan yang berfungsi sebagai skin-conditioning juga lumayan.

✔️Kurasa sabun ini pH balance karena ada kandungan acid-nya

❗Mengandung Fragrance yang biasa dihindari kulit sensitif.

➡️Dalam beberapa kasus, myristic Acid, palmitic Acid, stearic Acid, Lauric Acid, ini tingkat komedogenic-nya lumayan tinggi. Level 4-5. Artinya bener-bener bisa menyumbat pori.
Ada juga Glyceryl distearate, Glyceryl stearate. Kalau kalian cek di skinkarisma mereka ini termasuk acnefungal trigger, yang perlu dihindari kulit yang ada fungal acne-nya.

Tapi perlu diingat bahwa yang kita bahas ini adalah sabun/produk bilas. Jadi potensi komedogenic dan fungal acne tersebut otomatis tidak berlaku ya.. Sebab mereka ini nggak 'stay' di kulit, hanya selama cuci muka aja nempelnya, habis itu dibilas las nggak ada yang nempel lagi.

Fungsi dari sabun itu membersihkan cikal-bakal komedo, kotoran, bakteri dll, bukanya nambahin komedo. Kecuali jika bahan-bahan diatas tadi ada di krim malam mu, perlu dipertimbangkan lagi kalo itu, karena mereka clog pores/menyumbat pori-pori semua.
Logika ini masuk kan?

Jadi kalo pilih sabun muka itu yang diperhatikan bukan potensi komedogenic/fungal acne trigger nya, tapiii mengandung SLS nggak, pH balance nggak gitu...

Bedanya SLS dan soda api apa sih?
Yang jelas mereka sama-sama bahan kimia berbahaya jika dipake secara berlebihan. 

Bedanya:
Soda Api mengubah minyak/lemak jadi sabun/busa.
Sedangkan SLS itu detergent/sabun siap pakai (instan). Tingkat iritasinya lebih tinggi SLS daripada soda api+minyak.
Busa yang berasal dari soda api+minyak dinilai lebih lembut ke kulit daripada yang siap pakai.

Nah, bagi kulit yang sensitif, ada baiknya memilih sabun yang Non-SLS (Sodium Lauryl Sulfate).

✔️Pilihlah sabun dengan Sodium/Natrium/Potassium Hydroxide. Dan umumnya sabun dengan Soda api ini pasti diikuti dengan bahan seperti myristic Acid, stearic Acid, palmitic Acid, dan atau minyak/oil. Sehingga menghasilkan busa yang lembut dan ramah kulit.

✔️Beli dimana? Di Official store



 

16 comments

  1. oh jadi beda ya surfactant jenis SLS dan soda api? baru tahu..nice info kak..
    1. Iya beda. SLS itu instan. Kalo soda api melalui proses yang disebut saponifikasi. Tau sendiri kan kalo yang instan2, itu cenderung nggak baik😀
  2. Bingung banget hikss aku pake ini baru 3harian trs kaya kondisi kulit aku lagi bruntusan gt mah pake ini malah jadi jerawatan plus merah² kira kira itu cocock ato ngga sih? Masi bingung sumpa soalnya aku baru ngalamin kulit aku separah inipdhl sebelum korona mulus bangett yaallah
    1. bisa jadi itu breakout kak,,berarti ada ingredients yang nggak cocok.


      Sebelum korona mulus?
      hmm...berarti itu udah sekitar 10 bulan yang lalu dong?
      naa...memang kondisi kulit itu juga bisa berubah-ubah sih,,,faktor nya banyak, bisa karna perubahan pola makan, kebiasaan sehari-hari, lingkungan, juga faktor internal seperti perubahan hormon...

      jadi faktor ketidak cocokan itu juga banyak sih...

      Biasanya pake sabun muka apa? di kombi dengan skincare apa?

      untuk sementara, mending dihentikan dulu pake sabun ini,, trus balik lagi ke sabun yang biasa kakak pake...
  3. Kulitku kering dan kadang berjerawat gede. Setelah pencarian sabun muka yg cocok, ini yg paling cocok. Kulit terbebas dari jerawat dan komedo. Bersih dan gak kering di kulit.
  4. Kulitku kering dan kadang berjerawat gede. Setelah pencarian sabun muka yg cocok, ini yg paling cocok. Kulit terbebas dari jerawat dan komedo. Bersih dan gak kering di kulit.
    1. wah alhamdulillah banget kalo cocok😉menemukan skincare yang cocok memang sesuatu😊
  5. Makasih banyak kak!🙏❤️
  6. sama sama🙏🙏
  7. Tapi kenapa ya kadang habis cuci muka malah keluar jerawat? Pdhal cuma numpang lewat aja.
  8. Sebelum pakai clenser ini kulit nya baik2 saja atonudah jerawatan sebelumnya?
  9. Tim pake fwash ini dari jaman SMA skrg umur 25th. Punya mslah jerawat yg bsa diatasi cuma pke facewash garnier ini☺😇
  10. Wah luar biasa ...seneng pasti kalo bisa nemu FW yang cocok ...nggak usah bingung pindah-pindah ke lain hati...hehehe
  11. Kak
    Tlng garnier ini yg face scrub
    Thank u
  12. Kk skrg pake face wash apa ? Dan tipe kulitnya apa?
  13. Kojie San soap bar,
    Tipe kulit kombinasi cenderung kering,
DESCLAIMER: Saya bukan dokter, tapi seorang Skincare-Anthusiast yang telah lama mempelajari tentang kandungan skincare melalui jurnal dan berbagai sumber lain nya. Saya juga pernah mempunyai masalah kulit seperti: acne prone, oily, komedo, PIH, PIE, dermatitis atopik, alergi, sensitized, etc. Kondisi kulit saat ini: combination-to-dry, pori-pori besar, prone to eczema.

Semoga Skincapedia bisa membantu teman-teman dalam mencari referensi skincare 🙏
Developed by Jago Desain