[DIY] Sheetmask Saffron-Telang

Ya Alloh dapet saffron gratisan. Syenengnya....sampe koprol-koprol🤸🤸🤸
#La rak bahagia piye? 1 gram saffron setara dengan 1 gram emas loh. Mbhayangke Arep tuku wae rak tau. Hahahaa
Yep. Untuk kualitas premium 1 gram saffron dibandrol dengan harga 400-an MasyaAlloh..ckckckck


DiY sheet mask saffron-telang


Mengapa Saffron Lebih Mahal dari Emas?

Pertama. Mulai dari penanaman hingga pemanenan semua 'requires human touch'. Iyes, memerlukan sentuhan manusia alias dikerjakan secara manual. Nggak pake mesin-mesinan.

Kedua. Masa pemanenan harus dikerjakan dalam satu waktu. Ini Penting. Sebab, saffron paling baik kualitasnya jika dipanen di pagi hari. Jadi dari sekian hektar bunga saffron semua harus dipetik saat itu juga, dalam tempo sesingkat-singkatnya.
La mbok Yo dilanjut besok pagi lagi. Oh tidak bisa! Nunggu besok pagi bunganya sudah keburu layu, Mbak yuu...

Ketiga. Satu bunga hanya menghasilkan 3 helai saffron sahaja. Iyes. Jadi saffron ini adalah tangkai putik bunga crocus sativus. Alhasil 1 ton bunga crocus sativus hanya menghasilkan 1 kg saffron. 1 banding 1000 woii..!


(Sumber: reenesgarden.com)

Keempat. Pemisahan antara putik (saffron) dan kelopak bunga lagi-lagi dikerjakan secara manual pake pinset. Duh...duh...#mbhayangke koyok petan uwan. (Membayangkan seperti mencabuti satu-satu uban rambut)

Kelima. Bunga crocus sativus ini tidak bisa sembarang tumbuh. Untuk menghasilkan kualitas premium, haruslah tepat iklim dan kondisi tanahnya. Misalnya di Kashmir. Dari sanalah saffron kualitas premium berasal.

Keenam. Bunga saffron hanya mekar selama  musim gugur saja. Yaitu setiap 6 minggu sekali di sekitar bulan oktober hingga awal desember.



Cek di Tokopedia, yang asli dari Kashmir harga nya lumayan fantastis per 1 gram-nya...

Apakah Khasiatnya Setara dengan Harganya?

Manfaat saffron ini sangat beragam mulai dari rempah bumbu, pewarna makanan alami, menyehatkan tubuh, mengobati penyakit,  hingga perawatan kulit. Diketahui saffron memiliki aktivitas antioksidan yang kuat. Anti-karsinogenik, anti-mutagen, anti-stress, anti-bakteri, anti-radang, anti-aging, anti-batuk, hingga anti-gemuk. All in one gitu lah pokoknya. MasyaAlloh Allohuakbar. Ciptaan Gusti Alloh is the best...


Sifat-sifat yang dimiliki Saffron

Saffron memiliki rasa sedikit pahit, getir, dengan aroma kuat. Kalo menurut hidung saya sendiri, baunya mirip-mirip seperti jamu + obat gitu..
Saffron ini bersifat basa. Cara mengetahuinya cukup mudah yaitu dengan  mencampurnya dengan bunga Telang. Bunga Telang ini semacam pH indikator. 
(sumber: bhoomplay.wordpress.com)

Warna asli bunga Telang ini adalah biru. Menjadi ungu apabila dicampur asam. Dan hijau jika basa. Saya pernah membahas bunga Telang di sini. Telang+saffron= hijau. Kesimpulan: saffron adalah basa/alkali. Nah, sifat yang basa ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Menghindarkan tubuh dari serangan penyakit. Dan penyakit tidak akan betah dalam kondisi tubuh yang basa.


Keterangan gambar: Biru (Telang aja) Hijau (Telang+Saffron) Ungu (Telang+Cuka apel)

Bagaimana Mengkonsumsi Saffron?

Oya. Meminumnya pun harus dengan cara yang anggun. Yaitu: cukup ambil 4-5 helai saffron trus di seduh dengan air panas. Jangan sekali-kali menyeduhnya seperti teh. 1 gram di seduh semuaaa....oh tidak! Membayangkan 450rb hanya sekali teguk. Duuh...tak anggun sama sekali. 😆

Yaay.. cantik banget warnanya..sampai saya merasa eman-eman (sayang) untuk meminumnya..huhuhu

[DIY] Sheet-mask Saffron-Telang

Kalo gitu, saffron dan telangnya dibikin sheet-mask aja yuuuk...Caranya gampang:

  1. Seduh 5 biji bunga Telang kering dan sejimpit (4-5 helai) saffron dengan 1/4 gelas air panas. 
  2. Tungguh hingga dingin dan berubah warna hijau.
  3. Simpan di kulkas. 
  4. Siapkan 3-4 potong kapas, 1 kapas dibagi 2, biar jadi tipis. 
  5. Celupkan ke larutan Telang-saffron. 
  6. Tempel ke wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan 15 menit/ sampai kering. Tak perlu dibilas. 
  7. Lakukan di sore/malam hari.


Saya lakukan di malam hari dengan harapan sheetmask saffron-telang ini bisa menetralisir, menenangkan, dan menyejukan kulit yang seharian terkena radiasi matahari, polusi, dan bahan kimia dari skincare. Sehingga pagi harinya kulit kembali dalam keadaan segar bugar. heuheu.

Nah. Untuk merawat kulit berjerawat, saffron ini juga baik sekali. Selain antioksidannya yang kuat. Dia juga memiliki sifat anti-bakteri (mencegah perkembangbiakan bakteri penyebab jerawat) anti-inflamasi/peradangan (menenangkan kulit bengkak, kemerahan, dan gatal) dan astringent (meringkas pori dan mengontrol produksi minyak). Sedangkan Telang sendiri juga memiliki aktivitas antioksidan yang kuat sehingga bisa menetralisir radikal bebas, polusi dan pengaruh buruk sinar UV.

Efeknya: berasa sejuuuk...dingiiin... di kulit. Nyaman bangeeettt...heheheheee. Tidak perih di mata. Tidak ada rasa perih, panas dan clekit-clekit di kulit. #Koprol-koprol lagi🤸🤸🤸

Wah. Selain unik dan meyehatkan juga bisa dipakai DIY skincare ya...Alhamdulillah...
Kalopun beli, nggak akan kecewa...





Post a Comment

DESCLAIMER: Saya bukan dokter, tapi seorang Skincare-Anthusiast yang telah lama mempelajari tentang kandungan skincare melalui jurnal dan berbagai sumber lain nya. Saya juga pernah mempunyai masalah kulit seperti: acne prone, oily, komedo, PIH, PIE, dermatitis atopik, alergi, sensitized, etc. Kondisi kulit saat ini: combination-to-dry, pori-pori besar, prone to eczema.

Semoga Skincapedia bisa membantu teman-teman dalam mencari referensi skincare 🙏
Developed by Jago Desain