Bikin Masker Jambu Biji Yuuk....

Haloo...Assalamualaikum...Terimakasih sudah mau mampir ke rumah, eh blog saya yang sederhana ini. Semoga pembaca semua selalu dalam keadaan sehat wal 'afiat, dan kuota internet selalu dalam kondisi yang baik sehingga bisa mampir ke blog saya lagi nanti. hehehehe

Oya. Mumpung lagi musim buah. Kali ini saya ingin membagi pengalaman membuat masker DIY (do-it-yourself) dari buah jambu biji. Tempo hari saya udah bikin masker DAUN jambu biji, kali ini gantian bikin masker BUAH jambunya dong..

DIY Masker Jambu biji merah. Abaikan biji jambunya. hehehe


Tampaknya masker jambu biji belum begitu familiar ya.. Tidak seperti alpukat, pisang, tomat, lidah buaya, jeruk lemon/nipis, putih telur, bubuk kunyit, daun kelor, kulit manggis, bahkan susu..mereka lebih dulu populer sebagai bahan masker DIY timbang jambu.

Padahal buah jambu juga memiliki baanyak sekali manfaat untuk kesehatan kulit. Karena kandungan vitamin, mineral, juga phytonutrient-nya juga nggak kalah sama bahan-bahan tadi. Sehingga nggak aneh dan wajar-wajar saja sih kalo buah jambu dipake sebagai masker.
Apalagi yang di rumahnya ada pohon jambu, wajib dicoba ituuu....

Lalu, bagaimana cara membuatnya, simak yuk!


Cara Membuat Masker Jambu Biji

  1. Pilihlah buah jambu biji yang telah matang yang berdaging empuk dan lembut. Bisa jambu biji putih atau merah.  
  2. Ambil sepotong saja atau kira-kira 1/6 buah jambu, kupas. Sisanya bisa dimakan atau dibuat jus jambu👍👍
  3. Taruh di mangkuk trus dibenyek-benyek pake sendok atau garpu. 
  4. Kalau sudah lembut, bisa di templok ke wajah. 
  5. Tunggu 15 menit lalu bilas sampai bersih.

Cara Lain Menggunakan Jambu Biji

Selain dengan cara di atas, jambu biji juga bisa dipakai untuk scrub. Caranya: 

  • gosok-gosokan buah jambu biji (yang telah dilembutkan) ke seluruh wajah. Walopun teksturnya lembut, tapi seperti ada bulir-bulir kasap yang cocok dipake scrub👍👍👍
  • Pijat-pijat lembut terutama di area T yang sering dihinggapi komedo. 
  • Lalu bilas sampai bersih.
Taraaa..kalian akan terkejut melihat hasilnya..

Kulit jadi bersih. Lembut. Dan bercahaya...hehehe.

After DIY masker Jambu Biji. Abaikan jidatnya yang lebaaaarr....✌️


Btw, sebelum pake masker tadi saya nggak cuci muka lho padahal. Langsung tempel dan scrub, hasilnya udah kek habis cuci muka..fresh dan bersih. Yaay!
Nggak nyangka hasilnya kece begini. 🤩

Oya. Agak susah ketika mengaplikasikan masker ini. Suka jatuh dan mbleber-mbleber gitu. Tapi menurut saya nggak masalah sih. Sepadan dengan kandungan nutrisinya.

Dan saat memakai masker jambu biji ini tidak terasa perih sama sekali. Nyaman-nyaman saja. Kecuali kalo ada jerawat atau bekas luka akan terasa sedikit clekit-clekit. Tapi gapapa kali. Perihnya nggak separah kalo patah hati pake tomat,  jeruk lemon/nipis. Pokoknya masih bisa ditoleransi lah ya...
Dan yang jelas, aman dipake setiap hari👍👍👍


Kandungan Nutrisi Jambu Biji

Jambu biji mengandung banyak jenis antioksidan diantaranya adalah: flavonoid, terpenoids, lycopene (2x lebih tinggi dari tomat), carotene dan vitamins.
Antioksidan ini memiliki peran penting dalam mencegah kerusakan DNA akibat radikal bebas, termasuk polusi dan radiasi UV. Intinya bisa mencegah penuaan dini gitu.

Vitamin dalam jambu biji juga komplit banget. Yang paling tinggi adalah vitamin C (lebih tinggi dari jeruk dan tomat) dan Vitamin A (yang nggak kalah sama apel).  Selain itu Vitamin B kompleks, Vitamin K dan E. Yang semuanya punya kontribusi dalam menyehatkan dan menutrisi kulit.
Belum lagi kandungan mineralnya yang juga komplit. Dan yang yang kalah penting,  jambu biji memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi. Bener-bener Cucok meong kalo dipake kulit jerawatan.

Manfaat Masker Jambu Biji untuk Wajah

Karena kandungan nutrisinya komplit, maka sudah sepantasnya kalo masker jambu biji ini mempunyai manfaat yang banyak untuk kesehatan kulit kita, diantaranya: 
  • Masker jambu biji bisa mencerahkan dan meratakan warna kulit.
  • Bisa memudarkan noda bekas jerawat karena kandungan vit C dan A nya yang tinggi.
  • Membantu menstimulasi kolagen (kandungan vitamin C dan A)
  • Mencegah penuaan dini karena banyak mengandung antioksidan.
  • Melembutkan dan melembabkan kulit
  • Membantu mengatasi gejala sunburn
  • Baik untuk merawat kulit berjerawat karena kandungan antibakteri dan antiinflamasi-nya.
  • Sangat baik untuk kulit kusam dan berminyak

Kesimpulan

Setelah mencoba masker  ini, saya jadi tahu bahwa DIY masker Jambu Biji jauuuhhh lebih kece dari masker tomat (sebelumnya saya pake tomat), yang nggak saya sukai dari tomat itu karena doi meninggalkan warna merah di kulit jadi harus benar-benar bersih ketika membilasnya. Nah, jambu biji ini enggak. Nggak perih dan clekit-clekit, bisa dipake scrub juga, dan sama-sama mengandung lycopene..malah lebih tinggi dari tomat..vitamin C dan A nya juga jauh lebih tinggi dari tomat. Bye bye tomaatt🤩
#Kok jadi dibanding-bandingin sama tomat sih?

Baca juga: Masker Daun Jambu biji

2 comments

  1. baru tahu jambu biji bisa buat maskeran. coba ah, nunggu jambunya pada matang dulu. tapi jambu ny g harus mrah kan ya
    1. Iya bisa. Sama-sama VIT C nya tinggi
DESCLAIMER: Saya bukan dokter, tapi seorang Skincare-Anthusiast yang telah lama mempelajari tentang kandungan skincare melalui jurnal dan berbagai sumber lain nya. Saya juga pernah mempunyai masalah kulit seperti: acne prone, oily, komedo, PIH, PIE, dermatitis atopik, alergi, sensitized, etc. Kondisi kulit saat ini: combination-to-dry, pori-pori besar, prone to eczema.

Semoga Skincapedia bisa membantu teman-teman dalam mencari referensi skincare 🙏
Developed by Jago Desain