Penjelasan Ingredients Wardah Suncare SPF 30 PA +++

Tidak mengandung alkohol ✔️Tidak mengandung Ingredients pemicu fungal acne. ✔️Tidak mengandung bahan yang dapat memicu iritasi ❗ Agen sunscreen yang t


🔸Merupakan jenis chemical sunscreen
🔸Diperkaya dengan ekstrak aloevera, pro vitamin B5, dan VIT E yang menjaga kelembapan kulit.
🔸Size: 40ml
🔸IDR: 40K


Ingredients:

Aqua, Ethylhexyl Methoxycinnamate, 4Methylbenzylidene Camphor, Acrylates Copolymer, Propylene Glycol, Polyacrylamide, Butyl Methoxydibenzoylmethane, Dimethicone, Cyclopentasiloxane, Phenoxyethanol, C13 -14 Isoparafin , triethanolamine, Panthenol, aloe Barbadensis Aloe Vera Leaf Extract, Panthenol, Laureth 7, dimethicone Crospolymer,  Carbomer, Fragrance, Tocopheryl Acetate, Disodium EDTA, Triethylene Glycol, Dimethicone Vinyl/ Dimethicone Crosspolymer, Dimethiconol, Potassium Sorbate, Sodium Benzoate.

Wardah sunscreen gel spf 30 Pa+++ by ndyprilia FD member


Penjelasan Ingredients Wardah Suncare SPF 30 PA+++

Active Ingredients

Sunscreen agent. 

  • 1). Ethylhexyl Methoxycinnamate. Dikenal sebagai octinoxate. UV B filter. Generasi lama. Ringan. Mudah diformukasikan dan cosmetically ellegant. Tapi Tidak photo-stable.
  • 2).4Methylbenzylidene Camphor. UVB absorber. Tidak cukup foto stabil, berkurang 10% nilai spf nya setelah 65 menit terpapar sinar matahari langsung. Membantu menstabilkan Avobenzone
  • 3).Butyl Methoxydibenzoylmethane. Dikenal dengan nama avobenzone. Merupakan agen penyerap UVA I dan II. Merupakan agen sunscreen yang paling banyak digunakan diseluruh dunia. Tidak photo-stable: berkurang keefektifanya jika terpapar sinar matahari.

Panthenol. Provitamin B5. Melembabkan dan menutrisi kulit. Anti-inflamasi dan menenangkan kulit. Rating: goodie✔️

Aloe Barbadensis (Aloe Vera) Leaf Extract. Antioksidan. Moisturizing, anti-aging. Menyejukan dan melindungi kulit. Emollient. Menenangkan kulit. Rating: Goodie✔️

Tocopheryl Acetate. Bentuk Ester dari vitamin E. Antioksidan. Menurut dermatolog Leslie Baumann tocopheryl Acetate lebih stabil dan lebih awet. Namun agak sulit diserap oleh kulit. Tidak sebaik VIT E murni (d-alpha tocopherolRating: Goodie✔️

Ingredients Pelengkap

Solvent. 1). Water. 2). Propylene Glycol. Berfungsi sebagai anti beku dan anti kempal. Juga membantu formula meresap dengan baik ke kulit. Juga bersifat emollient.

Skin-conditioning. 

  • 1). Dimethicone. (emollient/pelembut kulit) merupakan silikon. Membentuk lapisan di atas permukaan kulit sehingga memberi kesan rata halus, mengunci kelembapan, dan melindungi kulit. Potensi komedogenic: 1 
  • 2).Cyclopentasiloxane. Disebut juga silikon volatil yaitu silikon yang dapat menguap. Biasa dikombinasikan dengan dimethicone membentuk water-resistant agar tidak mudah luntur. Memberi kesan halus dan rata pada kulit namun tidak terasa lengket. 
  • 3).Dimethiconol. Adalah silikon. Tugasnya hampir sama dengan dimethicone.

Viscosity Controller. Mengatur kekentalan formula produk:

  • 1). Acrylates Copolymer. Sebagai agen pengental. Melapisi kulit dan meningkatkan daya 'water-resistance' pada produk sunscreen agar 'perlindungan' tidak mudah luntur karena keringat. 
  • 2).Polyacrylamide. Polymer yang menambah kekentalan produk dan melapisi kulit. Biasanya dikombinasikan dengan 3). C13 -14 Isoparafin dan 4). Laureth-7, membentuk trio pengental. Trio ini membentuk formula gel anti lengket. 
  • 5). Dimethicone Crospolymer. Sebagai agen pengental. Bersama dimethicone dan cyclopentasiloxane membentuk formula yang silky smooth feel.
  • 6). Carbomer. Mengubah formula cair menjadi gel.
  • 7). Triethylene Glycol. 
  • 8). Dimethicone Vinyl/ Dimethicone Crosspolymer. Merupakan silikon bertindak sebagai agen pengental. Menjadikan tekstur formula halus dan lembut sehingga mudah diratakan. 

pH adjusterTriethanolamine. Mengatur pH formula agar dapat bekerja secara efektif. Bersifat basa. Presentase dalam formula kurang dari 1%. Juga berfungsi sebagai penstabil emulsi. Potensi komedogenic: 2

Chelating agen. 1). Disodium EDTA. Mencegah perubahan pH, bau, dan tekstur sehingga formula tetap stabil dan bekerja efektif

Fragrance. Memberi aroma wangi pada aroma. Biasa dihindari pemilik kulit sensitif.

Preservatives. 1). Phenoxyethanol. Mencegah perkembangbiakan bakteri 2).Potassium Sorbate dan 3). Sodium Benzoate. Mereka berdua berfungsi menghambat pertumbuhan jamur.  Berdua bekerja efektif bersama-sama.

Kesimpulan

✔️Termasuk sunscreen Kimiawi. Cukup ringan dan cosmetically ellegant, tapi tidak cukup foto stabil. Artinya mudah rusak jika terpapar sinar matahari langsung. Sehingga dianjurkan reapply setelah 2 jam. 

Sebenarnya, jika aktivitas kalian lebih banyak indoor, tidak perlu reapply pun tak masalah, selama tidak kena air. Karena berkurangnya nilai spf/pa itu bukan karena berlalunya waktu, tapi karena paparan matahari secara langsung.

✔️Dilengkapi dengan 3 bahan aktif, yang bersifat moisturizing dan skin Soothing.

✔️No alkohol
✔️No Paraben
✔️Fungal acne safe
✔️Oil free. Potensi komedogenik rendah. Triethanolamine (2), dimethicone (1)

Note: Mengandung 5 bahan yang merupakan silikon. Silikon bersifat seperti dua sisi mata pisau. Di satu sisi, melapisi kulit agar berpenampilan lembut, halus dan rata jika diraba. Dan menahan riasa agar tidak cepat luntur kena keringat. Namun di sisi lain, bisa saja menjebak kotoran dan minyak dibawah lapisan itu sendiri. 

Daan... silikon itu bahan larut minyak, jadi tidak bisa langsung bersih hanya dengan air saja.

Oleh karena itu penting untuk rutin Double-Cleanse.😊


Sumber:

Incidekoder
paula's choice dictionary

2 comments

  1. ini fa safe tp kok ga dimasukin ke skincare fa friendly kak??
  2. Iya dulu, aq masukin juga, tapi sekarang udah reformula lagi, dan formula baru nya nggak FA safe..jadi nggak aq masukin akhirnya....
DESCLAIMER: Saya bukan dokter, tapi seorang Skincare-Anthusiast yang telah lama mempelajari tentang kandungan skincare melalui jurnal dan berbagai sumber lain nya. Saya juga pernah mempunyai masalah kulit seperti: acne prone, oily, komedo, PIH, PIE, dermatitis atopik, alergi, sensitized, etc. Kondisi kulit saat ini: combination-to-dry, pori-pori besar, prone to eczema.

Semoga Skincapedia bisa membantu teman-teman dalam mencari referensi skincare 🙏
Developed by Jago Desain