Pengalaman Membasmi Jerawat dengan Mengkudu!

Dulu waktu masih SMA, saya juga mengalami masa-masa dimana jerawat tumbuh tak terkendali. Wajah berminyak memang rentan sekali kena jerawat, apalagi pengaruh hormon masa remaja. Ya salam, jerawat rata semuka. Hilang satu tumbuh seribu. Nggak habis-habis.

Awalnya sih nggak begitu peduli. Sampai suatu ketika seorang cowok (teman sekelas), ngasih obat jerawat. Ngasihnya nggak langsung, dititipin ke temen semeja. Duuh...malu nya sampe sekarang.🙈

Saya masih ingat betul merk-nya: Zahra! Merk nggak terkenal. Sekarang udah ilang di pasaran! 

Jelas obat itu saya tolak mentah-mentah. Alasanya: ini jerawat memang saya ternak! 
#Sungguh alasan yang konyol tapi nyata. 😂

Tapi, sejak saat itu, saya diam-diam bertekad ingin membasmi jerawat sampai ke akar-akarnya. 

Dulu, skincare nggak se-booming sekarang ya. Lagi pula, anak SMA dapet duit dari mane buat jajan skincare! Kalo punya duit mah mending buat jajan es krim. 

Alhasil saya cuma pakai bahan-bahan yang ada di dapur.
Mulai dari jeruk nipis, lemon, bahkan saya nekat pake bawang putih. Perih? Iya. Panas? Banget! Tapi jerawat tetep nggak mau kabur, tapi justru makin merah padam. Ya iyalah! La wong salah pake! Jadi iritasi gara-gara saya tempel pake irisan bawang. Untung waktu itu pas libur sekolah, jadi nggak begitu malu kalo ketahuan. 

Jangan ditiru ya! Bawang putih, jeruk nipis/lemon memang berkhasiat untuk membasmi jerawat. Namun harus diperhatikan caranya, biar nggak iritasi! Sebaiknya baca disini.



Trus kakak sepupu menyarankan pakai buah mengkudu. 

Kebetulan sekali di depan rumah ada pohon mengkudu. Saking udah frustasinya, akhirnya saya iya-in aja saran si kakak sepupu. Padahal bau mengkudu ini "hoik" sekali! Alias bener-bener nggak enak! Mirip bau baju yang nggak kering dalam semalam. Tau kan? Pokoknya nggak enak. Titik. 

Adek saya sampe nggak mau deket-deket kalau saya pakai masker ini. Haha!

Tapi demi membasmi jerawat, saya nekat! Enggak peduli sama baunya.

Caranya: ambil buah mengkudu yang sudah matang, iris, buang bijinya, daging nya saya oles ke muka sampai rata walo kadang bijinya ikut nempel. 

Dan saya harus nahan baunya sampai 15 menit. Gapapa dong. Demi jerawat hilang. Setelah itu, baru saya bilas sampai bersih. 

Masker buah mengkudu ini saya pakai pagi dan sore hari, setiap hari. 

Dan saya pun takjub dengan hasilnya. Baru seminggu udah pada berkurang jerawatnya. Biasanya hilang satu numbuh tiga. Pake mengkudu, hilang nggak ada yang numbuh. Praktis. Sebulan wajah ku lumayan bersih, jerawat dan minyak terkendali. 

Namun, sayang seribu sayang. Nggak lama kemudian, pohon mengkudu nya malah ditebang sama Bapak saya, gara-gara mau renovasi rumah! 

😭😭😭

Hehehe. That's all. Itu tadi cerita masa lalu ya, soal jerawat yang membandel. 
Dulu saya nggak tahu kandungan apa saja dalam buah mengkudu ini. Apa yang membuatnya begitu mujarab atasi jerawat.

Yuk, sebaiknya simak saja!


Kandungan Senyawa dalam Buah Mengkudu

Buah mengkudu, Pace, atau orang bule menyebutnya sebagai buah Noni, merupakan salah satu superfood yang sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh. Oke. Tapi yang akan saya bahas adalah manfaatnya dalam mengatasi jerawat.



Ternyata buah mengkudu mengandung vitamin C yang sangat tinggi, 59% per 100gr. Masih lebih tinggi dari pada jeruk lemon= 34%, dan tomat=27% per 100gr. 

Manfaat Vitamin C  untuk kulit memang sudah tidak diragukan lagi: menstimulasi kolagen, mengencangkan dan mencerahkan kulit, ampuh untuk jerawat, kulit berminyak, pori-pori besar, etc. 

Selain vitamin dan mineral, buah mengkudu juga mengandung senyawa Anthraquinone, scapoletin, xeronin, flavonoid, fatty Acid (capric and caprilyc acids)

Senyawa ini ada yang bertindak sebagai antiseptik, antibakteri, dan antifungal (Anthraquinone, scopoletin, capric acid) antioksidan (flavonoid), serta menstimulasi sistem imun (xeronin). 

Pantes saja ampuh. Ternyata buah mengkudu jauh lebih unggul dari pada buah lemon. Lebih unggul karena vitamin C nya yang tinggi. Selain itu tidak menimbulkan rasa perih dan panas seperti ketika mengoles perasan lemon. (Ya iya lah, lemon itu termasuk asam kuat, sehingga tidak boleh dipake sering-sering).

Juga senyawa antibakteri nya juga komplit. Bakteri jerawat langsung koit, dah! Walaupun, sebenernya senyawa tersebutlah yang bertanggung jawab terhadap bau mengkudu yang tak enak itu. Hmmm

Sebenernya, manfaat mengkudu ini buaanyaak sekali. Nggak heran kalo dijuluki superfood.  Sayang sekali, pohon mengkudu satu-satunya di pekarangan udah ditebang. 

Sekarang udah nggak jerawatan sih. Hormon masa remajanya udah surut. Hehe

Nah, bagi para pembaca, khususnya remaja yang lagi masa 'jerawatan'! Nggak perlu khawatir sama jerawat, yah! Entar kalo tambah dewasa, ilang sendiri kok. Sekarang cuma perlu di rawat aja sih. Jangan sampe di pencet biar nggak tambah menjadi-jadi. Oke?

By the way, apa kabar cowok yang dulu ngasih obat jerawat itu, ya??

Takdir berkehendak! Sekarang doi udah jadi suami saya. Xixixixi


Sumber: 
 
www.herbazest.com

13 comments

  1. eaaaaaa.......
  2. Heleh. Mak denpi lagi yang komen🤪
  3. Wah masa sh ilang pake mengkudu .... ane juga jerawatan mulu nh pake jeruk nipis gak begitu mempan ....
    Ntar mau coba pake mngkudu gan hehe



    Kunjungi balik,
    https://aisurunihongo.blogspot.com/2020/08/lirik-terjemahan-yoko-hikasa.html?m=1
    1. Silakan dicoba gan!
  4. Wah.. Saya malah terkejud sama endingnya mbk😃 uwow plus uwu banget sih ini.
    Saya dulu juga pernah jerawatan mbk. Tapi untungnya dikasih tomat bisa sembuh. Lah pas udah lulus sekolah dan kerja malah jerawatan lagi, susah banget ilangnya. Sekarang udah lebih baik walaupun masih bermasalah sama white head.
    1. Hehehe..malu sebenernya mba, cerita begini...
      Tapi buat kenang-kenangan aja..
      Jerawat emang merepotkan kadang2,,😅
      Sekarang Alhamdulillah udah jarang jerawatan.
      White head bisa diilangin pake oatmeal mb,,coba saja👍
  5. Katanya kalau sudah dewasa jerawatnya hilang. Tapi aku dari jaman sekolahan sampai udah kerja gak hilang-hilang ya mbak
  6. Nunggu ntar kalo udah bersuami mungkin🤭✌️
  7. hilang sama bekasny juga mba ?
  8. Kalo bekasnya nggak langsung ilang sih, tapi lumayan lebih cepet daripada kalo dibiarin...
  9. Mbaaaaa .. aku seneng baca blog mbaknya iniii..eeh btw aku udh mau 30 malah panen ini looo... Gimana yaaa... Salah satunya aku g bs pk skincare yg ada niacinamidenya..sedih aku tuuuh..langsung panen...ajak temen2 pula.
    Ini mengkudu tumbuk aja gt yaa..ya kali aja gt ampuh diaku stlh itu..
  10. Waduh. Sayang sekali, nggak cocok sama niacinamide ya,,,
    Emang kulit orang beda-beda dan nggak mudah ditebak...hehe

    Iya betul, mengkudu nya cukup dihaluskan, nggak usah dicampur air dll, buang bijinya, trus tinggal dioleskan...nggak perlu tebal2.. yang penting udah kena 'kandungan airnya' udah cukup...^^

    Mudah-mudahan cocok ya ..

    Yang penting rutin, telaten, dan harus tahan bau nya ..hehe

    Namun, Jika setelah memakai masker mengkudu, ada gejala gatal, kulit memerah, iritasi, lebih baik jangan diteruskan....
  11. Pilih mengkudu yang sudah betul-betul matang, ciri-ciri nya kulit berwarna transculen, buahnya kalo dipegang empuk dan lembek....
DESCLAIMER: Saya bukan dokter, tapi seorang Skincare-Anthusiast yang telah lama mempelajari tentang kandungan skincare melalui jurnal dan berbagai sumber lain nya. Saya juga pernah mempunyai masalah kulit seperti: acne prone, oily, komedo, PIH, PIE, dermatitis atopik, alergi, sensitized, etc. Kondisi kulit saat ini: combination-to-dry, pori-pori besar, prone to eczema.

Semoga Skincapedia bisa membantu teman-teman dalam mencari referensi skincare 🙏
Developed by Jago Desain