Mengenal daun Neem dalam skincare "Himalaya"

Neem (azadirachta indica) di Indonesia dikenal sebagai Mimba. Masih saudara jauh dengan Mindi (milea azedarach). Pohon Mimba nerasal dari Asia Selatan

Sekilas Tentang Pohon Neem


Neem (azadirachta indica) di Indonesia dikenal sebagai Mimba. Masih saudara jauh dengan Mindi (milea azedarach). Pohon Mimba nerasal dari Asia Selatan: India, Nepal, Pakistan, Bangladesh,  Srilangka dll.

Sudah sejak ribuan tahun yang lalu pohon ini digunakan dalam pengobatan Ayurveda, Homeophati Bahakan pengobatan Unani.


Pohon ini dijuluki an arboreal blessing yang berarti "sejuta manfaat dalam satu pohon". Semua bagian pohon ini: mulai dari akar, kulit batang, ranting, daun, bunga, biji telah lama dimanfaatkan dalam berbagai bidang: bidang kesehatan, kosmetik, pertanian, bahkan kuliner. Karena khasiatnya yang beragam  Mimba juga punya julukan yang beragam: miracle herb, wonder leaf, the tree of promise.


Mimba Sebagai Kosmetik Alami

Meskipun memiliki bau yang tajam dan menyengat, mimba memiliki kandungan nutrisi dan Antioksidan yang tinggi, serta sifatnya yang menyejukan sehingga dapat dimanfaatkan untuk memelihara kesehatan kulit serta rambut.


Berikut adalah manfaat Neem untuk merawat kecantikan:

  • Melindungi dan meremajakan kulit. Kandungan antioksidan 4x lebih tinggi mampu menangkal kerusakan kulit akibat radikal bebas. Juga mengandung carotenoids, vitamin C dan E, asam lemak dan emollients yang mampu meningkatkan elastisitas dan kekenyalan kulit sehingga dapat mencegah kerutan pada kulit.
  • Mencegah dan mengobati jerawat. Penelitian membuktikan ekstrak daun mimba mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Dalam penelitian Kolkata Institute of chemical biology, 2002, menunjukan bahwa minyak biji mimba memiliki efek antibakteri spektrum luas yang mampu melawan 14 jenis strain bakteri patogen yang berbeda.
  • Mampu menyembuhkan luka dan menghilangkan bekas jerawat. Kandungan antiseptik yang kuat mampu mempercepat pemulihan luka tanpa menyebabkan infeksi.
  • Mengurangi hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi kulit terjadi karena produksi melanin yang berlebih. Minyak mimba mampu menyeimbangkan sekresi melanin dan mencerahkan dark spot.
  • Mencegah kerontokan rambut dan menguatkan akar rambut. Kandungan vitamin E, asam oleat dan asam linoleat mampu menutrisi, menyuburkan dan mengatasi masalah rambut.
  • Mencegah dan mengobati ketombe. Mimba juga memiliki efek antifungal, sehingga dapat digunakan dalam mencegah dan mengatasi ketombe.
  • Baik untuk perawatan penyakit kulit seperti eksim dan psoriasis. Kandungan nimbidin, nimbin, quercetin-tiga komponen utama antiinflamasi dalam Mimba mampu mengatasi gejala eksim kulit seperti kering, kemerah-merahan, iritasi dan gatal.
  • Membersihkan dan menyejukan kulit. Daun mimba biasa ditumbuk dan dijadikan masker wajah. Masker ini dapat mendinginkan, membersihkan kulit, melembabkan wajah dan mengecilkan pori-pori.

Quick Review Himalaya Purifying Neem Mask

himalaya neem mask emang favorit bett..


Ingredients: Aqua, Kaolin, milea azadirachta exstract, propylene Glycol, bentonite, fuller's earth, Curcuma longa root exstract, perfume, sodium methylparaben, imidazolidinyl urea, DMDM hydantoin, xanthan Gum, Disodium Edta, sodium propylparaben, citric acid, sodium lauryl sulfate.

Waah..setelah kita tahu manfaat dari daun Neem si wonder leaf, jadi nggak ragu lagi buat mencoba masker yang satu ini.

Seperti klaimnya, masker ini mampu mengempeskan jerawat, menghilangkan bruntusan dan komedo membandel. Baunya segerrrr nyaman dihidung. Ketika pertama dipakai ada kesan sejuk, lalu ada clekit-clekit panas, kencang, muka terasa ditarik. Nah ketika rasa clekit-clekitnya hilang, baru dibilas. Jangan lama-lama nunggunya nanti bisa menyebabkan kulit kering. Setelah dibilas, Voilaaa.... Muka jadi bersih, segarr dan ringaaan, paginya jerawat nggak jadi meradang. Horeee!!!👍👍👍

 Jangan lupa oleskan pelembab setelah memakai masker ini. Yuuk....worth to try!!

Sumber:

https://neemfoundation.org/the-benefits-and-uses-of-neem-the-wonder-leaf/

https://www.sigmaaldrich.com/life-science/nutrition-research/learning-center/plant-profiler/azadirachta-indica.html

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4791507/

https://neemfoundation.org/about-neem/chemistry-of-neem/

4 comments

  1. Kayanya saya juga mesti coba masker ini deh. Terimakasih infonya 😇
  2. Banyak dijual di supermarket, murah meriah, 30rb-an aja👍👍👍
  3. Ini masker favoritku juga❤️ btw lebih worth it ini apa Aztec ya?
    1. dua-dua nya bagus sih...
      tapi aq lebih suka aztec, ada sensasi tersendiri klo pake aztec+cuka apel😊
DESCLAIMER: Saya bukan dokter, tapi seorang Skincare-Anthusiast yang telah lama mempelajari tentang kandungan skincare melalui jurnal dan berbagai sumber lain nya. Saya juga pernah mempunyai masalah kulit seperti: acne prone, oily, komedo, PIH, PIE, dermatitis atopik, alergi, sensitized, etc. Kondisi kulit saat ini: combination-to-dry, pori-pori besar, prone to eczema.

Semoga Skincapedia bisa membantu teman-teman dalam mencari referensi skincare 🙏
Developed by Jago Desain