Flek Hitam Bisa Dihilangkan! Mitos atau Fakta?

Baru-baru ini sedang trend  bahwa wajah berbintik-bintik justru kelihatan sexy dan uwu..! Mereka yang tak berflek ramai-ramai dandan dengan flek palsu. Katanya:
Wajah bersih tak ada fleknya itu bagai malam tak berbintang. Ah!

Meski demikian, banyak yang tak sependapat. Berbagai merk skincare masih saja gembar-gembor mengiklankan bahwa skincare mereka mampu menghilangkan flek hitam yang membandel. Siapa yang tak kepincut dengan iming-iming tersebut?

Tak sedikit pula yang mengeluh, mengapa flek hitamnya nggak kunjung pudar? Padahal sudah mencoba bermacam-macam merk skincare.

Dari situlah timbul pertanyaan: Apakah betul, flek hitam bisa dihilangkan total? Jangan-jangan cuma mitos!

Dari pada penasaran, yuk...mari lihat faktanya:


Apa itu flek hitam?

Flek hitam (freckles) adalah pigmen gelap berbentuk bintik-bintik pada permukaan  kulit, terutama wajah. Penampilan ini bagi sebagian orang sangat menganggu, sebab wajah jadi tampak tidak bersih.


Mengapa flek hitam muncul?

Timbulnya flek hitam dipengaruhi beberapa faktor seperti:

☀️Radiasi sinar matahari

Radiasi sinar UV ada 2: UVA dan UVB. Sinar UVA, bisa berbahaya dan dapat menyebabkan kanker kulit. Sehingga jika sering terpapar sinar UVA,  kulit akan mengeluarkan mekanisme pertahanan diri dengan memproduksi pigmen berlebih. Pigmen/warna kulit bertugas melindungi kulit agar tidak terkena kanker. Jika kemunculan pigmen ini merata, kulit kita jadi Tan/menggelap. Tapi jika munculnya tidak rata, maka disebut flek/bintik-bintik hitam. Nah!

☀️Genetis

Faktor gen lah yang menentukan seberapa banyak melanosit yang kamu miliki. Melanosit adalah sel kulit yang memproduksi melanin/pigmen. Jadi semakin gelap kulit seseorang semakin banyak melanositnya.

Nah, orang dengan melanosit sedikit alias berkulit cerah justru lebih rentan muncul flek. Kenapa? Karena pigmen untuk melindungi kulit dari sinar UV cuma dikit, jadi ya harus produksi lebih banyak lagi supaya aman.

Celakanya, kemunculan pigmen ini nggak rata alias cuma bintik-bintik aja. Akhirnya disebut flek yang selalu dianggap mengganggu penampilan.

Tak heran, kenapa orang bule yang rambutnya blonde, sering terlihat ada flek di wajahnya.

It's probably no surprise that freckles are more common in people with lighter skin and hair. It turns out those traits have genetic links in common.

☀️Hormon

Yap. Kehamilan atau pill KB juga penyebab munculnya flek. Lebih tepatnya melasma/hiperpigmentasi. Dr. Woolery- Llyoid, seorang Dermatolog Amerika, mendeskripsikan melasma sebagai "noda/bercak coklat kehitam-hitaman yang muncul di jidat, pipi, juga dagu."
Lebih lanjut lagi, dia menerangkan:

Melasma is a chronic condition that's common in pregnancy and when taking birth control pills. For most people, it resolve after stopping the Pill. But for some of persists. Sun exposure plays a big role in melasma and always makes it significanly worse.

Jadi melasma ini, bagi sebagian orang bisa hilang sendiri jika sudah melahirkan atau berhenti minum pil KB. Tapi, bagi sebagian yang lain justru menetap. Dan malah makin menjadi karena tidak dilindungi dari paparan sinar matahari.


Lalu, Apakah flek hitam bisa dihilangkan?

Dengan menghindari paparan sinar matahari, flek yang sudah terlanjur muncul tidak lantas memudar begitu aja seperti halnya bekas jerawat. Padahal bekas jerawat aja susah ilang. Jadi, Perlu beberapa treatment untuk mengatasinya.
Beberapa ahli menyarankan chemical peeling dengan bahan aktif berikut:

  • Alpha hidroxy Acid
  • Hydroquinone
  • Retinoid Acid
  • Serum VIT C konsentrasi tinggi
  • Alpha Arbutin
  • Etc.

Namun, kenyataanya chemical peeling hanya mampu memudarkan saja. Memudarkan Lo ya, bukan menghilangkan!

Karena bahan-bahan aktif diatas tidak mampu menembus jauh ke bagian kulit yang terdalam. Mereka hanya bekerja sebagai exfoliator yang mengikis sel kulit mati lalu merangsang terbentuknya sel kulit baru yang lebih sehat.

Because freckles are a form of sun damage, they can't be easily removed with a cream or serum. A laser ia really the only way to go." Dr. Downie, director of New Jersey's Image Dermatology

Kata ahli: Flek hitam yang diakibatkan oleh radiasi UV tak bisa dengan mudah dihilangkan hanya dengan cream wajah atau serum, satu-satunya jalan adalah memakai terapi LASER.

Laser adalah terapi yang menggunakan energi cahaya yang terkonsentrasi. Energi cahaya ini bekerja dengan cara yang lebih spesifik, yaitu dengan cara menembus jauh ke bagian kulit yang terdalam, menarget area pigmentasi, lalu memecah/membakar sel pigmen tersebut. Dan reaksi ini akan memicu pergantian lapisan kulit yang mengalami pigmentasi dengan lapisan kulit yang baru.


Apakah kemunculan flek hitam bisa dicegah?

TENTU SAJA BISA!! Sunscreen adalah kuncinya. Meskipun tidak bisa memudarkan noda, tapi paling tidak sunscreen dapat mencegah timbulnya flek baru. Sebelum keluar rumah, pastikan Anda mengoles sunscreen minimal SPF 30, PA +++. SPF akan melindungi kulit mu dari ke-gosong-an, sedang PA akan mencegah terbentuknya flek hitam di kemudian hari.

Baca Juga: Sunscreen atau Moisturizer Dulu? Jawabanya Tergantung!

 

Kesimpulan

Nah, kalau ada yang bilang bahwa cream ini cream itu bisa menghilangkan flek hitam,
Cek dulu, sebab flek hitamnya karena apa?
Kalau masalah hormon kehamilan/KB, masih ada harapan hilang.

Tapi kalau akibat radiasi UV a.k.a sunspots  TIDAK BISA DIHILANGKAN TOTAL KECUALI DENGAN TERAPI LASER.

Namun, flek hitam ini bisa dicegah kemunculannya dengan rajin memakai sunscreen.

Lebih baik mencegah dari pada mengobati.👍👍👍

Sumber:
https://www.insider.com/what-causes-freckles
https://www.healthline.com/health/what-are-freckles

7 comments

  1. setuju
  2. Good👍👍
  3. Kalau flek hitam karena kesalahan memakai kosmetik bisa di hilangkan atau tidak ya??
  4. Kemungkinan bisa, tapi mesti sabar dan telaten...
  5. Rekomendasi skincarenya dong kak buat flek akibat salah skincare itu kulitku cenderung oily
  6. Pake serum niacinamide yang 10%.
    Kalo belum terbiasa, bisa dimulai dari yang 5% dulu...
  7. Baiklah kak...makasih rekomendasi nya❤��
DESCLAIMER: Saya bukan dokter, tapi seorang Skincare-Anthusiast yang telah lama mempelajari tentang kandungan skincare melalui jurnal dan berbagai sumber lain nya. Saya juga pernah mempunyai masalah kulit seperti: acne prone, oily, komedo, PIH, PIE, dermatitis atopik, alergi, sensitized, etc. Kondisi kulit saat ini: combination-to-dry, pori-pori besar, prone to eczema.

Semoga Skincapedia bisa membantu teman-teman dalam mencari referensi skincare 🙏
Developed by Jago Desain